Ilustrasi Jalan Tol. Jalan Tol Lampung-Palembang Diproyeksikan Bisa Beroperasi Secara Fungsional Pada Mudik Lebaran 2019. Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Sudah Diresmikan dan Memiliki Tarif Rp112.000 untuk Mobil Pribadi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Buat yang mau mudik ke Sumatera, saatnya untuk mencoba Trans Sumatera pada ruas tol Lampung hingga Palembang. Ruas jalan tol ini sudah dapat berfungsi secara operasional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Tidak terasa satu pekan lagi umat Islam di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa pada bulan suci Ramadan. Setelah dua tiga pekan berpuasa, jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia punya tradisi mudik ke kampung halaman.

Saat mudik, jutaan orang pergi dari kota besar terutama Jakarta untuk menuju kampung halaman masing-masing. Bagi kamu yang mudik ke Sumatera, tenang saja kalau ruas tol dari Lampung hingga Sumatera Selatan sudah bisa beroperasi secara fungsional.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Belum lama ini, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang melintasi Lampung sudah diresmikan oleh presiden. Jalan ini merupakan ruas tol terpanjang di Indonesia dengan panjang lebih dari 140 kilometer.

Bakauni-Terbanggi Besar ini mengalahkan tol Cipali atau Cikopo-Palimanan yang berada di Jawa Barat dengan panjang 116,7 kilometer.

Ruas ini juga merupakan bagian Trans Sumatera sepanjang 2.770 kilometer. Pemerintah merencanakan Trans Sumatera selesai dikerjakan pada 2024 mendatang.

Baca juga: Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Masih Gratis Lho, Mau Lewat Sini Ga

Selain itu, ruas tol Terbanggi Besar menuju ke ibu kota Sumatera Selatan, Palembang juga bisa digunakan secara fungsional. Seperti dikutip dari Antara, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno menyatakan hal tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah memiliki sertifikat laik operasi.

Selain itu, pengelola jalan tol juga bakal mempersiapkan rest area atau tempat peristirahatan yang layak di sejumlah titik ruas tol ini. Pengemudi bisa beristirahat dan tidak memaksakan diri untuk meneruskan perjalanan.

Baca juga: Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 Beroperasi Pada Mei 2019, Mudik Bisa Lewat Sini

Situs Kompas.com melansir bahwa tarif Bakauheni-Terbanggi ini adalah Rp112.000 untuk mobil pribadi. Jadi pastikan kartu e-toll kamu cukup kamu ya.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan, membawa peralatan mobil, membawa makanan dan minuman secukupnya. Hati-hati dalam berkendara ya.

Bagikan: 22058 kali