Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

Bogor merupakan Kota Penyangga yang sekarang ini gak terasa jauh lagi. Selain ada kereta commuterline untuk mobilitas, kini infrastruktur sedang giat dibangun. Yang terbaru adalah kabar bahwa pemerintah akan memperpanjang trase Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) sampai ke kawasan Salabenda, Bogor, Jawa Barat. Jadi, jarak Jalan Tol Desari yang tadinya 21,6 kilometer hingga di Bojonggede, nantinya bertambah jadi 28 kilometer hingga di Salabenda.

"Segera. Ya harus (tahun ini selesai)," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (27-9-2018).

Menurut Herry, kalau nanti Jalan Tol Desari sudah tersambung sampai ke Salabenda, akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road (BORR). Kamu yang ingin pergi ke Bogor dalam waktu dekat bisa memanfaatkan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) sebagai akses alternatif.

Baca juga: Supaya Ga Nyasar Saat Mengakses Tol Desari, Ini Rutenya!

Selama ini kan kalau kamu mau ke Bogor, hanya Jalan Tol Jagorawi yang menjadi satu-satunya akses jalan bebas hambatan. Kalau rencana ini teralisasi, kamu yang berada di kawasan Blok M, Senayan, dan sekitarnya, gak perlu lagi membelah jalan arteri dan tol dalam Kota Jakarta untuk mengakses Tol Jagorawi. Kamu cukup menggunakan Jalan Layang Antasari untuk kemudian menuju Tol Desari.

"Mungkin malah alternatif dari Kebayoran tidak ke Jagorawi kalau mau ke Bogor, tapi lewat sini," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahana Rakyat Basuki Hadimuljono, dikutip dari sumber yang sama.

Tapi, sabar dulu ya. Pasalnya, rencana perpanjangan trase ini sampai ke Bogor masih dalam pembahasan antara pemerintah dengan PT Citra Wasphutowa sebagai Badan Usaha Pengelola Tol Desari. Diperlukan adendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sebelum rencana tersebut bisa dieksekusi.

Baca juga: Rumah di Depok Juga Udah Mulai Mahal, Beli di Bogor Aja!

Trase Jalan Tol Desari hanya sepanjang 21,6 kilometer yang terbentang dari Antasari hingga Bojonggede. Yang Kamis (27-09-2018) diresmikan Presiden Joko Widodo hanya Seksi I dari Antasari hingga Brigif sepanjang 5,8 kilometer. Seksi II Brigif-Sawangan masih dalam tahap konstruksi dan Seksi III Sawangan-Bojonggede dalam tahap persiapan pengadaan tanah.

Bagikan: 4137 kali