tol cijago seksi II- rumah123.com Tol Cijago (Cinere-KJagorawi) II Ditargetkan Beroperasi Pada Akhir September 2019. Ruas Tol Ini Merupakan Bagian Dari Jakarta Outer Ring Road 2 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II ditargetkan bisa beroperasi pada akhir September 2019. Pembangunan jalan tol ini sudah selesai dikerjakan.

Proyek pembangunan jalan Tol Cijago Seksi II telah selesai dikerjakan sejak beberapa waktu lalu. Ruas tol ini sepanjang 5,5 kilometer ini menghubungkan Jalan Raya Bogor dengan kawasan Kukusan, Depok, Jawa Barat.

Tol ini sempat beroperasi secara fungsional, namun memang belum beroperasi secara komersial atau berbayar. Tol Cijago Seksi II memang telah selesai 100 persen, namun belum diresmikan dan juga memiliki tarif.

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Beroperasi Pada November 2019

Laman berita online Detik.com menyitir pernyataan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit kalau saat ini BPJT sedang menghitung besar tarif yang sesuai untuk ruas jalan tol tersebut. Kalau tarif telah ditentukan, jalan tol dapat langsung beroperasi pada akhir September 2019.

Setelah ada perhitungan akhir, selanjutnya adalah membuat surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sebenarnya, operasional jalan Tol Cijago Seksi II ini masih menanti adanya Sertifikat Laik Operasi (SLO). Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan menerbitkan SLO.

Baca juga: Tol Kunciran-Serpong Ditargetkan Beroperasi November 2019

Tol Cijago Seksi II ini telah melalui proses Uji Laik Fungsi (ULF). Sejumlah perbaikan kecil dilakukan. Hal ini dilakukan sebelum sertifikat laik operasi oleh Direktur Jenderal Bina Marga.

Saat sertifikat laik operasi telah dikeluarkan, maka jalan tol bisa langsung beroperasi. Jalan tol bisa beroperasi tanpa perlu menanti peresmian.

Ruas Tol Cijago Bagian Dari JORR 2

Tol Cijago atau Cinere-Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) merupakan bagian dari tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) 2. Menurut situs berita Republika.co.id, jalan tol JORR 2 ini memiliki panjang 111 kilometer yang membentang dari Cilincing, Jakarta Utara hingga ke Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten.

Sementara Tol Cijago mempunyai panjang 14,7 kilometer. Tol yang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Jaya ini memiliki tiga seksi.

Cijago Seksi I memiliki rute sepanjang 3,7 kilometer dari interchange (simpang susun) Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor. Ruas tol ini telah beroperasi sejak Januari 2012.

Baca juga: Batam Akan Miliki Jalan Tol, 70 Persen Didesain Melayang

Cijago Seksi II mempunyai rute sepanjang 5,5 kilometer. Ruas ini bermula dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan.

Sementara Cijago Seksi III memiliki rute sepanjang 5,5 kilometer. Ruas tol ini berawal dari Kukusan hingga Depok. Dua kawasan ini berada di Depok, Jawa Barat. Pembangunan ruas tol ini diproyeksikan selesai pada 2020.

BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan kalau Cijago Seksi 1 dan Seksi 2 telah bersambung dan juga beroperasi secara penuh, maka jalan tol ini bisa memberikan dampak berupa berkurangnya waktu tempuh dan jarak tempuh kendaraan dari Tol Jagorawi ke Jakarta dan Depok.

Ruas tol ini juga diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor yang menuju ke Jagorawi.

Baca juga: November 2019, Ruas Tol Kayu Agung-Palembang Akan Beroperasi

Bagikan: 655 kali