Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Rumah123/News.com.au)

Tol Becakayu lintas Cipinang-Off Ramp DI Pandjaitan sudah beroperasi secara penuh. Bagian ini merupakan Seksi 1 ruas tol Becakayu sepanjang 1,8 kilometer.

Becakayu merupakan singkatan dari Bekasi, Cawang, Kampung Melayu. Jalan tol layang ini dibangun antara Jakarta dengan Bekasi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Kalimalang.

Becakayu memiliki panjang 21,04 kilometer. Pihak pengelola jalan tol layang ini adalah Waskita Toll Road, anak perusahaan Waskita Karya Persero yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga: Tol Becakayu Dibangun, Properti Kota Bekasi Kian Kinclong

Seksi IB dan IC dari tol Becakayu sudah diresmikan sejak November 2017 lalu. Seksi ini menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna sepanjang 8,26 kilometer.

“Pengoperasian sudah dilakukan sejak 20 Desember 2018 tanpa tambahan tarif tol,” kata Direktur Utama PT Waskita Toll Road, Herwidiakto seperti dilansir oleh Kompas.com.

Beroperasinya bagian jalan tol tersebut diharapkan bisa mengurangi beban antrean pengguna jalan tol di ujung Jalan Arteri Cipinang. Pengelola melakukan uji coba terbatas selama jam kerja.

Baca juga:  Nilai Investasi Apartemen di Bekasi Ini, Kian Terdongkrak Kehadiran Becakayu

Hasil evaluasi sejak uji coba menunjukkan bahwa kendaraan yang selama ini keluar di Off Ramp Cipinang, 40 persen keluar di Cipinang dan 60 persen keluar di Off Ramp DI Pandjaitan.

Hal ini menjadikan arus lalu lintas di Arteri Cipinang jauh lebih lancar. Beroperasinya lintas tol ini diharapkan bakal mempercepat perjalanan para pengguna jalan tol Becakayu.

Pembangunan jalan tol layang ini sudah dimulai sejak 1996 silam. Namun, pelaksanaannya terhenti lantaran krisis moneter pada 1998. Saat tol ini beroperasi penuh, mudah-mudahan lalu lintas Jakarta-Bekasi semakin lancar ya. Kamu nggak pengen beli rumah di Bekasi?

Baca juga:  Mulai Hari Ini Hingga 2 Minggu ke Depan, Tol Becakayu Gratis Lho, Coba Yuk!

Bagikan: 1134 kali