jalan tol- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Bandung-Cilacap Akan Terhubung oleh Jalan Tol. Jalan Tol Bandung-Cilacap Ini Memiliki Rute Sepanjang 210 Kilometer (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bandung dengan Cilacap akan terhubung dengan jalan tol sepanjang 210 kilometer. Tol Bandung-Cilacap ini bakal dibangun dengan biaya Rp120 triliun.

Rencana pembangunan proyek jalan tol jalur selatan Jawa Barat yaitu Tol Bandung-Cilacap kembali dibahas. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membahasnya pada akhir September 2019.

Selama ini, baru jalur utara Jawa Barat yang terhubung oleh jalan tol. Beberapa di antaranya adalah ruas tol Cipularang dan tol Cipali. Keduanya merupakan bagian dari Trans Jawa.

Baca juga: Tarif 13 Ruas Jalan Tol Akan Naik Pada Akhir 2019

Saat ini, pembahasan jalan tol jalur selatan Jawa Barat kembali bergulir. Nantinya, Tol Bandung-Cilacap ini akan terhubung dengan rencana Tol Yogyakarta-Cilacap.

Laman berita online Kompas.com melansir pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kalau tol ini akan terbagi dalam dua segmen pengerjaan.

Tol Bandung-Cilacap Terbagi dalam Dua Segmen

Ruas tol ini akan terbagi dalam dua bagian pengerjaan. Segmen I memiliki rute sepanjang 90 kilometer. Rutenya dimulai dari Gedebage (Kota Bandung) lantas menuju Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Tasikmalaya. Semuanya berada di Jawa Barat.

Rencana anggaran pembangunan tahap I ini mencapai Rp60 triliun. Anggaran ini mencakup biaya pembebasan lahan dan konstruksi.

Sedangkan tahap II pembangunan Tol Bandung-Cilacap memiliki trase sepanjang 120 kilometer. Rutenya dimulai dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Cilacap.

Baca juga: Batam Akan Miliki Jalan Tol, 70 Persen Didesain Melayang

Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran masuk Jawa Barat. Sementara Cilacap merupakan kota yang masuk Jawa Tengah.

Biaya pembangunan tahap II juga mencapai Rp60 triliun. Rencananya, pembebasan lahan sudah dimulai pada 2020. Pembangunan dimulai pada 2022 hingga 2024. Proyeksinya, Tol Bandung-Cilacap ini bisa selesai pada awal 2024.

Gubernur Jawa Barat memastikan trase atau rute tidak boleh berubah lagi lantaran hal ini terkait dengan masalah pembebasan lahan yang tidak mudah. Dalam rapat tersebut, sejumlah kepala daerah atau bupati hadir.

Baca juga: Tol Cijago Seksi II Ditargetkan Beroperasi Pada Akhir September 2019

Namun, belum ada penetapan lokasi. Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum memutuskan karena menunggu keputusan semua pihak.

Mantan Wali Kota Bandung ini berharap kalau pengambilan keputusan bisa dilakukan cepat agar pembangunan jalan tol bisa segera dilakukan.

Tol Bandung-Cilacap Bakal Memperlancar Transportasi

Keberadaan Tol Bandung-Cilacap ini tentunya bisa memperlancar jaringan transportasi kawasan selatan Jawa Barat. Selain itu, juga bisa berdampak pada pengembangan pariwisata kawasan sekitarnya. Sebenarnya, kawasan Pantai Selatan Jawa memiliki potensi pariwata terutama wisata alam yang belum dimanfaatkan.

Situs berita online Pikiran-Rakyat.com melansir bahwa jarak antara Bandung ke Garut saat akhir pekan bisa membutuhkan waktu empat jam. Padahal normalnya, waktu tempuh hanya 1,5 jam. Banyak titik kemacetan di antara jalur kedua kota ini.

Tol Bandung-Cilacap ini bisa menjadi alternatif rute bagi mereka yang ingin ke Jawa Tengah. Selama ini, arus mudik dan balik lebih terkonsentrasi di jalur Pantai Utara atau Pantura.

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Beroperasi Pada November 2019

Bagikan: 1341 kali