Studio Arsitek Spark Mendesain Toilet Cetakan 3 Dimensi yang Bisa Menghasilkan Energi Listrik (Foto: Rumah123/Dezeen)

Studio arsitektur Spark sedang mengembangkan konsep toilet cetakan 3 dimensi atau 3d printed yang bisa dibongkar pasang, dipindahkan, serta bisa mengubah kotoran manusia menjadi listrik.

Sebenarnya sudah banyak toilet yang dapat mengubah limbah tinja atau kotoran manusia menjadi biogas dan kemudian dimanfaatkan menjadi listrik. Namun, belum ada yang membuat toilet cetakan 3 dimensi.

Modul ini dirancang untuk digunakan di India. Kebetulan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sedang berusaha mengatasi masalah sanitasi dan kebersihan terkait kebiasaan buang air besar di tempat terbuka.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Toilet ini bernama Big Arse. Bahan cetakan toilet ini bisa diambil dari serat bambu yang dicampur dengan bio polimer.

Bentuk toilet ini menyerupai kubah. Di bawahnya ada tempat penampungan kotoran yang ditanam dalam tanah. Bagian ini akan mengubah limbah menjadi biogas.

Toilet ini dapat dipakai selama 10 tahun. Limbah yang dapat dipakai mulai dari kotoran manusia, kotoran binatang, atau sampah sayuran.

Baca juga:  Mau Tahu Keunggulan Rumah 3D Print

Big Arse ini memang dirancang bisa dipasang di tempat yang terpencil. Toilet ini bisa diantarkan dengan drone. Spark mendesain toilet ini dengan bobot ringan.

Spark memang mendesain toilet ini menjadi multi fungsi. Sebagai bangunan sanitasi ramah lingkungan yang bisa mengolah limbah dan juga menghasilkan listrik untuk daerah terpencil.

Hmm, kalau prototipenya sudah jadi, kayaknya bisa tuh ditempatkan di sejumlah kawasan terpencil di Indonesia. Sanitasi bisa terjaga plus bisa mengatasi keterbatasan listrik.

Baca juga:  2019, Kamu Bisa Tinggal di Rumah 3D Print

Bagikan: 298 kali