Dari kiri-kanan: Direktur Utama PT Perumnas Bambang Triwibowo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pada saat peresmian hunian TOD Stasiun Pondok Cina, Senin (2/10/2017). Foto: Rumah123/Vriana

Sesuai permintaan Menteri BUMN, Rini Soemarno, hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) Depok yang dibangun di kawasan Stasiun Pondok Cina dipasarkan lebih murah dibanding Stasiun Tanjung Barat. TOD yang dekat dengan pusat kehidupan Kota Depok ini dipasarkan mulai dari Rp7 juta per meter perseginya.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Perumnas, Bambang Triwibowo, saat membuka acara peletakan batu pertama TOD Pondok Cina. “Sesuai petunjuk Bu Menteri, hunian untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di sini dijual dengan harga Rp7 juta per meter persegi,” kata Bambang di Stasiun pondok Cina, Senin (2/10) siang.

Baca juga: Susul Tanjung Barat, Perumnas Resmikan TOD Stasiun Pondok Cina

Lebih lanjut, kepada Rumah123, Bambang menegaskan bahwa harga tersebut khusus untul hunian rusunami yang diperuntukkan khusus bagi MBR. “Kalau yang bukan untuk MBR, kisarannya sekitar Rp15 juta per meter persegi,” ujar Bambang.

Dalam acara yang sama, Menteri Rini Soemarno menegaskan komitmen pemerintah dalam menyiapkan hunian bagi kalangan MBR. “Kalau sebelumnya, untuk MBR hanya 25 persen, untuk di sini (Pondok Cina), hunian untuk MBR itu 30 persen dari jumlah unit keseluruhan.”

Baca juga: KPR TOD Pondok Cina ke Bank Mana?

Terkait harga, Rini juga mengatakan memang meminta harga diturunkan. “Saya melihat antusiasme juga sangat bagus. Khusus proyek ini dan ke depannya, saya meminta standar ukurannya juga dinaikkan,” katanya lagi. “Kalau proyek Tanjung Barat kan perdana dan sudah berjalan, makanya harga dan ukurannya juga sudah tidak bisa saya ubah lagi.”

Untuk diketahui, mulai proyek TOD Pondok Cina dan ke depannya, bangunan untuk MBR berukuran 32 meter persegi dengan satu kamar tidur. Masyarakat sudah mulai bisa mengambil Nomor Urut Pemensanan (NUP) di Stasiun Pondok Cina sejak hari ini.

Bagikan:
2975 kali