Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Mudik menjadi ritual tahunan yang dilakukan umat Muslim saat Hari Raya Idul Fitri. Pulang ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, mertua, atau sanak saudara menjadi keharusan.

Tidak peduli harus berdesakan saat masuk ke dalam kereta, bis, pesawat, atau kapal laut. Atau harus menyetir selama berjam-jam lantaran jalanan macet total pun harus dilakoni.

Baca juga: Yuk, Mampir ke Rumah Bintang NBA yang Bergaya Mediterania

Hal yang sama dilakoni oleh Sri Wahyuni (38) tahun beserta keluarganya. Dia selalu mudik setiap tahun untuk mengunjungi mertuanya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sejak menikah sepuluh tahun lalu, dia rutin melakukan ritual tahunan ini.

Rumah yang ditinggalnya pun sepi karena pembantu juga pulang kampung. Namun, dia tidak pusing meski harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama. Lantaran dia bisa menitipkan rumah kepada orang tua, kakak, atau adiknya.

Baca juga: Miliarder Wanita Termuda Ini Raup Keuntungan Rp18 Miliar dari Jual Apartemen

“Mudik dong tahun ini. Ya, titip orang tua aja, kan deket,” ujar ibu satu putri ini. Kebetulan dia, orang tua, kakak, dan adik tinggal di kompleks perumahan yang sama di Bekasi, Jawa Barat.

Dia merasa beruntung karena orang tua sudah memilih tidak mudik lagi ke kampung halaman mereka di Jawa Tengah. Orang tuanya lebih memilih untuk berkumpul bersama cucu-cucunya.

Baca juga: Awas, Bahaya Kebakaran Ancam Penghuni Gedung Tinggi!

Kebetulan juga, mertua kakak dan adiknya juga berada di Jabodetabek sehingga mereka tidak pulang kampung. “Kagak ada yang mudik, saya aja ke rumah mertua,” katanya lagi.

Lantaran rumahnya berdekatan dengan orang tua, kakak, dan adik, Sri tidak khawatir. Dia merasa aman untuk menitipkan karena rumahnya bisa ditengok setiap saat.

Baca juga: Tinggal di Menara Pencakar Langit yang Punya Tiga Waktu Berbuka Puasa

Sebagai pencegahan keselamatan, dia hanya mematikan beberapa peralatan listrik serta memasukkan mesin cuci ke dalam rumah. “Iya, serem kalo nggak. Mesin cuci juga dimasukin ke kamar, takut tikus. Ganas-ganas soalnya,” katanya seraya tertawa.

Bagikan:
1130 kali