Kombinasi hiasan dinding dengan bahan kayu berbagai warna bisa jadi membuat kamar tidur lebih nyaman. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea.
   

Tidur nyenyak di rumah sendiri gak bisa? Wah, pastinya ada yang salah tuh! Kalau kamu lagi sakit atau banyak pikiran, ya wajar aja gak bisa tidur. Kalau gini mah, tidur di mana juga gak bakalan nyenyak. Kalau kamu gak punya masalah itu, tapi gak bisa tidur nyenyak di rumah, coba tips berikut ini. Pasalnya, tidur berkualitas tentunya akan membuat kamu segar saat memulai hari baru keesokan harinya.

Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa kamu periksa lagi apakah memengaruhi kualitas tidurmu.

Kondisi Kamar

Kamar yang kotor dan berantakan memang kerap membuat kita tak dapat leluasa berada di dalam kamar. Kenyamanan pun jadi berkurang. Agar kamu lebih betah, bersihkan dan rapikan kamarmu, jangan biarkan ada barang-barang yang berserakan dan membuat rumahmu terkesan berantakan.

Baca juga: 5 Tips Bikin Kamar Tidur Mungilmu Tampak Luas, Coba Yuk!

Suhu Kamar

Suhu panas membuat tidur terasa gerah dan menjadi kurang nyaman. Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin juga akan membuat kamu kedinginan dan mengganggu tidur. Maka itu, aturlah suhu dengan suhu ruang yang sejuk.

Apabila kamu menggunakan kipas angin, aturlah agar tidak langsung mengenai tubuhmu. Anginnya bisa memberi dampak tak baik bagi kesehatan.

Bantal dan guling

Pilihlah bantal yang pas. Pilihlah yang tidak terlalu tipis maupun tebal agar lebih terasa nyaman di leher dan punggung.

Baca juga: Kamar Tidur yang Rapi, Bikin Happy Loh…

Seprai dan Selimut

Pemilihan bahan untuk seprai dan selimut juga berpengaruh pada kenyamaan tidur. Pilihlah bahan yang lembut dan sejuk. Kamu dapat menggunakan bahan katun, wol, atau sutera. Sebaiknya kamu tidak menggunakan kain polister dan satin sintetis karena kurang nyaman untuk tidur.

Seprei yang nyaman membuat tidurmu kian nyaman, jadi jangan lupa merawatnya. Untuk merawat dan menjaga seprei agar tetap nyaman dan tahan lama, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

Jangan mencuci seprai bersama cucian yang lain. Menjejalkan seprei yang berukuran besar dan lebar dengan pakaian lain akan membuat seprei mudah mengalami kerusakan pada serat kainnya. Sebaiknya cuci terpisah sepreimu agar ia tahan lama.

Baca juga: Anak yang Tidurnya Cukup Bakal Punya Prestasi di Sekolah

Agar tidurmu nyaman dan sepreimu tetap terjaga kebersihannya, ganti dan cucilah seprei paling lama dua minggu sekali.

Selain cara pencucian dan jangka waktu pencucian, proses pelipatan seprei juga harus kamu perhatikan. Melipat seprai secara asal-asalan bisa bikin seprai gampang rusak. Sebaiknya lipat seprai dengan rapi agar lebih terawat dan tetap terlihat bagus saat dipasang pada kasur.

Bagikan: 723 kali