Ilustrasi (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Banyak cara dilakukan untuk menghemat pengeluaran, salah satunya pengeluaran sewa hunian. Nggak perlu bingung, ada tips untuk berbagi uang sewa yang adil dan bijaksana, mudah-mudahan sesuai dengan Pancasila.

Menyewa atau mengontrak? Nggak ada dosanya kok selama kamu hanya menetap sementara. Mungkin kamu sedang kuliah S2 atau sedang menjalani dinas penempatan luar kota.

Jika kamu hanya menetap selama setahun atau dua tahun, nggak terlalu penting untuk beli rumah kan? Apalagi buat pegawai perusahaan yang berpeluang akan dirotasi ke daerah lain setiap dua tiga tahun sekali.

Baca juga: Mau Tahu Berapa Sewa Rumah Baru Cristiano Ronaldo?

Mempunyai teman serumah atau sekamar tentu bisa menyenangkan, apalagi kalau orangnya emang asyik dan mau berbagi uang sewa atau uang kontrak. Kamu bisa ngirit uang sewa.

“Selalu menentukan aturan untuk segalanya sebelum pindah, jadi setiap orang tahu apa yang harus diharapkan. Selalu dalam bentuk tertulis, jadi tidak ada “menurut dia, kata dia”,” ujar Kylie Travers seperti dikutip oleh situs properti Australia Realestate.com.au.

Travers merupakan perencana keuangan atau financial planner. Dia memiliki situs thethrifyissue.com.au yang mengisahkan cara hidup hemat.

Baca juga: Ga Punya Uang Buat Sewa Rumah, Kiper Iran Pernah Jadi Gelandangan

Dia menegaskan untuk membuat peraturan dan perjanjian secara tertulis. Berapa pembagian uang sewa tiap bulan. Sebenarnya ini baru satu masalah lho.

Kamu dan rekan satu rumah harus menentukan pembagian pembayaran tagihan seperti listrik, air, telepon, iuran keamanan, hingga makanan. Semua harus jelas dari awal.

Pembagian uang sewa bisa saja berbeda lho. Bisa jadi kamu menyewa rumah dengan tiga kamar tidur, namun hanya satu kamar tidur lengkap dengan kamar mandi. Sementara kamar lainnya harus berbagi kamar mandi.

Baca juga:  Sewa Rumah Rp3 Miliar Sih Kecil Buat Pemain Barcelona

Hal wajar kalau mereka yang harus berbagi kamar mandi, membayar uang sewa lebih sedikit. Kan ada perbedaan fasilitas.

Begitu juga dengan pembayaran uang listrik. Jika kamu tidak memakai pendingin ruangan AC, kamu mau membayar uang listrik yang sama dengan teman serumah yang memakai AC?

Nah, sudah jelas kan? Sebenarnya nggak ribet sih kalau mau diterapkan. Lebih baik membuatnya secara tertulis dan tegas ketimbang kamu dan rekan satu kamar atau rekan satu rumah berantem gara-gara uang sewa kan? Awalnya, mau irit malah berantem, malah jadi nggak enak kan.

Baca juga:  Tips Sewa: Gimana Sih Cara Hadapi Pemilik Rumah yang Rese

Bagikan: 929 kali