tips sewa- rumah123.com Ada Sepuluh Tips yang Bisa Dilakukan Agar Hunian Sewa Bisa Ditempati dengan Nyaman (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kalau tinggal di kamar kos, apartemen atau rumah sewaan tidak perlu galau. Ada sepuluh cara untuk membuat hunian sewaan menjadi lebih nyaman.

Kamu memang lebih baik membeli rumah atau apartemen ketimbang mengontrak. Namun, ada saatnya kamu memang lebih baik menyewa hunian.

Jika kamu tinggal di Jakarta dan ingin meneruskan pendidikan S-2 di Yogyakarta atau memperoleh penempatan kerja di Semarang, tentu kamu lebih baik menyewa apartemen, rumah, atau kamar kos.

Baca juga: Tips Sewa: Bagaimana Mengatasi Kenaikan Harga Sewa Properti

Walaupun kamu tinggal di hunian sewaan, tetapi kamu bisa membuatnya seperti rumah sendiri. Apalagi kamu akan tinggal selama dua tiga tahun di sini.

Situs properti Realestate.com.au memberikan sepuluh tips bagaimana membuat hunian sewaan menjadi lebih nyaman. Realestate.com.au merupakan situs milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan Rumah123.com. Yuk, disimak seperti apa.

1. Menyelaraskan Desain Interior

Kalau kamu menyewa rumah jadul, jangan desain interior dengan gaya modern. Coba menyesuaikan furnitur dan aksesoris agar rumah terlihat lebih selaras.

2. Eksperimen dengan Lampu

Penyewa mungkin tidak bisa mengganti lampu di hunian sewaan. Kamu jangan sampai kekurangan ide, coba beli lampu sudut atau lampu baca yang bisa ditempatkan di sudut ruangan.

3. Menempatkan Furnitur Baru

Mungkin kamu memiliki lemari buku, coffee table, atau lainnya. Tempatkan furnitur ini di hunian sewaan agar bisa mengubah suasana.

4. Bertanya Kepada Pemilik Rumah Untuk Meminta Izin Renovasi

Jika kamu tinggal dalam waktu cukup lama, lebih dari tiga tahun, mungkin kamu bisa bertanya kepada pemilik rumah untuk renovasi. Bisa jadi pemilik tidak keberatan apalagi jika kamu membiayai renovasi tersebut.

5. Membuat Taman dalam Hunian

Jangan membayangkan taman dalam ukuran besar. Kamu bisa menyusun sejumlah pot kecil berisi tanaman. Tanaman yang ditempatkan berjenis tanaman yang tidak memerlukan penyiraman rutin, tidak membutuhkan sinar matahari banyak.

6. Mempercantik Tempat Tidur

Sprei atau bedcover bisa mengubah suasana hunian, apalagi kalau kamu hanya menyewa apartemen tipe studio atau tinggal di kamar kos. Cari sprei dan bedcover dengan warna menarik.

7. Memasang Karpet Cantik di Ruang Tamu

Kamu tidak perlu membeli karpet mahal. Karpet dengan motif unik, warna cerah, atau bentuk yang tidak biasa dapat mengubah tampilan ruang tamu.

8. Memasang Tirai yang Cantik

Tirai dengan warna cerah akan mengubah penampilan ruangan. Biasakan untuk memiliki tirai yang bagus dan menarik.

9. Padu Padan Furnitur

Tidak perlu takut untuk memadupadankan beragam furnitur. Saatnya, kamu mengubah penampilan hunian menjadi eklektik dengan percampuran macam gaya.

10, Memasang Karya Seni Atau Foto

Karya seni seperti lukisan, pajangan, atau foto bisa mengubah tampilan dinding. Pilihan lainnya adalah memasang cermin sehingga ruangan menjadi lebih luas.

Baca juga: Tips Sewa: Gimana Sih Cara Hadapi Pemilik Rumah yang Rese

Bagikan: 2256 kali