Gempa yang Terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat Pada Minggu (05/08/2018) Pukul 18.46 WIB (Rumah123/Perth Now)

Setelah bencana berlalu, saatnya untuk membersihkan rumah dan membenahi hunian. Ini bukan pekerjaan mudah lho.

Indonesia masih berduka setelah Lombok diguncang gempa berkekuatan 7 skala Richter pada Ahad (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Hingga Selasa (7/8/2018) pagi, korban jiwa mencapai 98 orang.

Baca juga: Membersihkan Rumah Jadi Family Time? Bisa Aja Kok!

Ribuan rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Hal yang wajar karena gempa berkekuatan besar dan berlangsung lama.

Goncangan keras tentunya membuat kondisi di dalam rumah menjadi berantakan. Belum lagi, rumah bisa saja rusak atau malah roboh. Usai bencana, saatnya untuk merapikan rumah. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga:  Mau Punya Anak yang Sukses? Suruh Mereka Ikut Membersihkan Rumah

Pertama, melihat kondisi rumah. Kalau rumah tidak ambruk, hanya retak, dan berantakan, kamu bisa mulai untuk merapikan dan membersihkan bagian luar dan dalam rumah.

Saat kamu melihat dan memeriksa kondisi rumah, kamu bisa memutuskan untuk menyusun rencana merapikan dan membersihkan hunian.

Baca juga:  Gimana Rumah Mau Bersih Kalau Lap Ga Diganti?

Kedua, merapikan bagian luar rumah. Mungkin ada bagian carport yang rusak, talang air yang copot, atau genteng yang turun.

Kamu bisa merapikan dulu bagian yang rusak atau copot. Cukup rapikan saja dulu, karena kamu harus berfokus pada bagian dalam rumah.

Baca juga:  Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Ketiga, membersihkan bagian dalam rumah. Jika gempa cukup keras, bisa jadi ada lemari yang ambruk, tempat gelas dan piring yang berantakan. Belum

Siapkan peralatan seperti sapu, kain pel, lap, dan lainnya untuk membersihkan rumah. Rapikan rumah, sapu, dan pel seperti biasa. Namun, kamu memerlukan kerja ekstra karena rumah yang berantakan.

Baca juga:  Bersih-bersih Rumah untuk Isi Liburan? Wah, Seru Banget!

Jika ada barang yang rusak, segera sisihkan ke dalam satu tempat terutama barang berukuran kecil seperti piring, gelas, dan lainnya. Sementara barang yang diperbaiki, juga bisa dipilah. Mana yang dapat diperbaiki sendiri, mana barang yang harus membutuhkan jasa perbaikan profesional.

Proses membersihkan dan merapikan kembali rumah ini memang bisa memakan waktu beberapa hari lho. Jadi bikin rencana supaya kamu bisa mendahulukan mana yang lebih utama.

Bagikan: 776 kali