Ilustrasi Menuangkan Air Putih. Agar Kamu Terhindar dari Dehidrasi, Kamu Harus Tetap Minum Delapan Gelas Air Putih Selama Berbuka, Menjelang Tidur, dan Sahur. Komposisinya Adalah Dua Gelas Saat Berbuka, Empat Gelas Saat Makan Malam dan Menjelang Tidur, dan Dua Gelas Saat Sahur (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat menjalani ibadah puasa Ramadan, tentunya kamu harus mengatur pola makan dan minum. Saat minum, kamu harus ingat rumus 2-4-2 supaya kamu tidak mengalami dehidrasi saat siang hari.

Kalau kamu berpuasa Ramadan di Indonesia, biasanya kamu akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14,5 jam. Supaya kamu tidak mengalami kekurangan cairan, kamu harus mengatur pola minum.

Tentunya kamu masih ingat dengan pola atau rumus 2-4-2 kan? Ini artinya kamu minum dua gelas saat berbuka, minum empat gelas lagi menjelang tidur, dan minum dua gelas saat sahur. Ini artinya, kamu tetap minum delapan gelas air putih dalam sehari.

Baca juga: Puasa 22 Jam? Alhamdulillah, Kamu Ga Tinggal di Sini

Hal ini harus kamu lakukan agar kamu tidak mengalami kekurangan cairan saat berpuasa. Saat puasa, biasanya orang lebih mengeluhkan haus ketimbang lapar kan?

Seperti dikutip dari Koran Tempo, orang yang berpuasa sebaiknya minum banyak air putih. Bisa juga diselingi dengan susu atau jus buah.

Saat berbuka, kamu bisa minum minuman manis seperti teh manis, tetapi dalam jumlah secukupnya. Namun, kamu bisa menggantinya kekurangan gula akibat berpuasa dengan menyantap kurma atau buah-buahan.

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Ketika sahur, kamu sebaiknya menghindari minuman seperti kopi dan teh. Mau tahu kenapa? Alasannya karena kedua minuman ini bersifat diuretik.

Usai minum kopi atau teh, biasanya orang akan lebih sering buang air kecil. Jika kamu tidak berpuasa, kamu bisa langsung minum air putih.

Tetapi, lain cerita ketika kamu berpuasa. Saat kamu lebih sering buang air kecil, kamu bisa berpotensi kehilangan cairan. Selain itu, kamu akan merasa lebih cepat haus.

Baca juga: Sebelum Bulan Puasa Datang, Jangan Lupa Bersihkan 3 Ruangan Ini Ya

Jadi ingat ya, biasakan minum air putih, jus, atau susu saat berbuka, sahur, atau menjelang tidur supaya kamu tidak mengalami dehidrasi atau merasa haus saat berpuasa Ramadan.

Yuk, mulai awal yang baik dari rumah. Biasakan hidup sehat mulai dari rumah. Selama bulan Ramadan 1440 Hijriah ini, Rumah123.com akan menyajikan sejumlah tips kesehatan.

Bagikan: 2429 kali