Saat Menyantap Makan Sahur, Ada Sejumlah Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Kamu Santap dan Juga Hindari (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat menjalani ibadah puasa Ramadan, biasanya orang mengeluh cepat haus dan lapar. Sebenarnya, hal ini tidak perlu terjadi dan bisa disiasati dengan menyantap makanan yang sehat. Seperti apa sih makanan yang seharusnya dimakan, lantas makanan apa yang semestinya dihindari.

Ketika berpuasa, kamu tidak akan makan dan minum selama 13 jam lebih. Hal yang biasa kalau kamu merasa lapar dan haus.

Namun, kamu bisa merasa lebih lapar dan lebih haus jika melakukan pola makan sahur yang salah. Ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat sahur. Santap sahur sendiri disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Ushuaia Jadi Kota dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia, Hanya 11 Jam

Makanan yang Harus Dihindari

Pertama, makanan yang digoreng dalam minyak yang banyak (deep fried). Hindari makanan yang melewati penyajian seperti ini lantaran mengandung banyak minyak sehingga kurang sehat.

Kedua, makanan yang terlalu mengandung banyak garam. Kalau kamu menyantap makanan seperti ini, kamu akan merasa cepat haus saat siang hari.

Ketiga, minuman yang mengandung kafein. Jangan minum teh atau kopi saat sahur. Minuman seperti ini juga bersifat diuretik sehingga kamu ingin buang air kecil dan merasa dehidrasi.

Baca juga: Penumpang KRL Commuter Line Diizinkan Buka Puasa di Dalam Kereta

Makanan yang Harus Disantap

Pertama, makanan yang mengandung protein. Contohnya adalah telur, ayam, daging, ikan, keju, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Kedua, makanan yang mengandung karbohidrat. Coba makan nasi, roti, atau mi dalam jumlah yang cukup dan jangan berlebihan.

Ketiga, minum air putih dalam jumlah banyak. Biasakan untuk minum dua gelas air putih saat sahur supaya kamu tidak dehidrasi.

Baca juga: Tips Sehat: Biasakan Menyantap Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa

Hmm, sebenarnya mudah kan untuk menyantap makanan dan minuman sehat saat sahur. Ingat ya, mulai membiasakannya sejak bulan Ramadan ini.

Selama bulan Ramadan 2019 ini, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik terkait puasa dan mudik Lebaran.

Bagikan: 831 kali