suhu panas- rumah123.com Suhu Panas Akan Terjadi di Indonesia Hingga Pekan Depan. Jaga Kondisi Tubuh, Salah Satunya dengan Minum Air Putih dalam Jumlah Banyak (Foto: Rumah123/Getty Images)

Suhu panas melanda sejumlah kawasan di Indonesia. Saatnya untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat selama kondisi ini masih berlangsung.

Pastinya kamu merasakan suhu panas yang terjadi di Jakarta dan juga sejumlah kawasan lainnya di Jawa dan Nusa Tenggara. Suhu di Jakarta sempat tercatat hingga 37 derajat Celsius.

Bahkan, suhu di Semarang, Jawa Tengah mencapai 39 derajat Celsius. Tidak hanya itu, angin kencang juga berhembus pada siang hari.

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Obesitas dan Cara Pencegahan Pada Anak

Bagi kamu yang harus melakukan aktivitas di luar ruangan, suhu panas seperti ini sudah seharusnya diwaspadai. Sebenarnya kondisi seperti ini wajar saja karena masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan.

Agar kamu tetap bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja yang bisa kamu terapkan?

1. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Ada baiknya kamu mengenakan pakaian dari bahan katun yang nyaman. Bahan katun akan menyerap keringat sehingga kamu leluasa beraktivitas di luar ruangan.

Hindari pakaian berwarna gelap terutama hitam. Warna gelap akan menyerap panas sehingga kamu malah bisa berkeringat.

2. Jangan Lupa Banyak Minum Air Putih

Suhu panas membuat kamu berkeringat. Jangan lupa untuk banyak minum air putih. Hal ini dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat.

Kalau tidak, kamu bisa dehidrasi atau kehilangan banyak cairan. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan, pastikan kamu membawa botol air minum. Hindari minum bersoda agar tidak cepat haus.

3. Memakai Tabir Surya

Biasakan untuk memakai sunblock alias tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Sebelum memakai tabir surya, cek dulu SPF (sun protector factor) yang ada.

Semakin tinggi SPF, maka perlindungan terhadap ultra violet yang dipancarkan sinar matahari bisa lebih lama. Besar SPF bisa dilihat pada kemasan tabir surya.

4. Menyantap Makanan Sehat Terutama Sayur dan Buah

Saat suhu panas dan cuaca tidak menentu, pastikan kamu selalu menyantap makanan yang sehat agar tubuh tetap sehat dan bugar. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki gizi seimbang.

Yang tidak boleh terlewatkan adalah sayuran dan buah. Konsumsi buah segar agar asupan vitamin selalu tercukupi.

5. Memilih Beraktivitas dalam Ruangan

Kalau memang kamu merasa tidak perlu ke luar rumah atau kantor, lebih baik kamu beraktivitas dalam ruangan. Tentunya agar kamu terhindar dari suhu panas.

Jangan lupa untuk menyalakan pendingin udara atau kipas angin agar udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan juga nyaman.

6. Waspada dengan Kelelahan

Suhu panas bisa menyebabkan banyak hal mulai dari dehidrasi, pusing, dan lainnya. Pastikan kamu menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.

Kamu harus mewaspadai rasa lelah. Jangan lupa untuk tidur yang cukup pada malam hari, tidur enam sampai delapan jam sehari.

Baca juga: Tips Sehat: Seberapa Sering Seharusnya Kamu Mengganti Sprei?

Bagikan: 3782 kali