makanan penambah berat badan Ilustrasi. Salah Satu Makanan Penambah Berat Badan Adalah Nasi. Kamu Bisa Menambah Sedikit Porsi Nasi Saat Makan Siang untuk Menambah Berat Badan (Foto: Rumah123.com/Freepik.com)

Ada sejumlah makanan penambah berat badan bagi kamu yang memiliki bobot tubuh yang kurang. Saatnya mulai hidup sehat di rumah. 

Bagi kamu yang tergolong kurus, biasanya sering mendapatkan pertanyaan. “Kurus banget sih? Kurang makan ya?” 

Kamu merasa berat badan kamu tidak seimbang dibandingkan tinggi badan. Kamu ingin menambah berat badan beberapa kilogram agar terlihat lebih ideal. 

Ada sejumlah hal yang menyebabkan kamu kurus seperti genetika, penyakit, aktivitas yang tinggi, masalah psikologis, selera makan, dan obat-obatan. 

Jika orang tua, kakek nenek, paman bibi, hingga kakak adik tergolong kurus, maka secara genetika, kamu memang berbakat kurus. 

Baca juga: 6 Tips Atur Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Mengatur Pola Makan Sebelum Memilih Makanan Penambah Berat Badan 

Sejumlah orang memilih untuk mengonsumsi vitamin untuk menambah berat badan. Pilihan lainnya adalah minum susu penambah berat badan. 

Padahal banyak pilihan makanan penambah berat badan yang menyehatkan, enak, dan lezat yang bisa disantap. 

Namun sebelum itu, kamu perlu mengatur ulang jadwal makan secara teratur dengan porsi santapan yang sesuai. 

Kamu bisa memilih camilan sehat. Ingat kamu harus mengurangi makanan tidak sehat seperti fast food, minuman bersoda, dan lainnya. 

Kamu harus menyantap lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. 

Tidak lupa, kamu harus rutin minum susu. Biasakan untuk tidur cukup dalam satu hari. Dan satu lagi, jangan merokok. 

Kamu bisa mengatur makan pagi pada pukul 07.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Selanjutnya, kamu makan siang pada pukul 12.00 WIB. 

Untuk makan malam, kamu bisa melakukannya pada pukul 19.00 WIB. Biasakan makan secara teratur pada jam yang sama. 

Kamu bisa memasukkan jadwal menyantap camilan sehat pada pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB. Tidak ketinggalan untuk minum susu pada pukul 21.00 WIB. 

Baca juga: Tips Sehat: Hindari Sejumlah Makanan Ini Saat Santap Sahur

makanan penambah berat badan Ilustrasi. Salah Satu Makanan Penambah Berat Badan Lainnya Adala Daging Merah Seperti Sapi. Daging Sapi Bisa Diolah Menjadi Steak, Rendang, Sate, Sup, Soto, Empal, dan Lainnya Sehingga Lebih Bergizi dan Enak (Foto: Rumah123.com/Freepik.com)

Varian Makanan Penambah Berat Badan 

1. Smoothie. Kamu bisa memulai aktivitas pagi hari dengan segelas smoothie yang dibuat sendiri. Kamu bisa mencampurkan segala buah-buahan yang kamu suka. 

Untuk kamu ketahui, smoothie itu berbeda dengan jus. Kalau jus disaring, maka smoothie itu memasukkan semuanya. 

2. Susu. Saat ini, sudah banyak susu yang diolah dengan variasi rasa. Ini menjadi pilihan kalau kamu tidak suka minum susu. 

3. Nasi. Orang Indonesia biasanya makan nasi setiap harinya. Kamu bisa menambah porsi nasi terutama saat makan siang. 

4. Daging. Banyak pilihan daging bagi kamu yang ingin menambah berat badan seperti sapi, kerbau, kambing, bebek, ayam, dan lainnya. 

Namun, daging merah seperti sapi bisa menjadi pilihan lantaran memiliki kandungan lemak yang banyak.

5. Buah-buahan. Kamu bisa mencoba mangga atau alpukat untuk menambah berat badan. Biasakan makan buah setiap hari. 

Indonesia memiliki banyak ragam buah-buahan segar seperti pisang, pepaya, melon, semangka, buah naga, dan lainnya. 

6. Sayuran. Kamu harus memasukkan sayuran terutama hijau agar menambah variasi makanan agar tidak bosan. 

Ada banyak pilihan sayuran seperti bayam, daun singkong, kubis, kol, kangkung, selada, dan lainnya. Seperti buah, biasakan makan sayur setiap hari. 

7. Ikan. Ada banyak ragam ikan laut atau ikan tawar yang bisa menjadi santapan. Pilihannya mulai dari ikan salmon hingga ikan tuna. 

Uniknya, meski Indonesia merupakan negara kepulauan, banyak orang tidak suka makan ikan lantaran bau amis atau banyak duri. 

8. Telur. Nah, telur ini memiliki kombinasi protein kualitas tinggi dan lemak yang baik. Kamu bisa menyantapnya setiap hari. 

Makanan ini bisa diolah menjadi telur mata sapi, dadar, omelet, dan lainnya. Telur bisa menjadi pilihan untuk sarapan pagi. 

9. Roti. Makanan ini bisa menjadi sumber karbohidrat. Kamu bisa menyantapnya untuk sarapan, camilan pagi, atau saat rehat sore hari. 

10. Coklat Hitam. Camilan ini memiliki lemak yang tinggi. Kamu bisa menjadikannya kudapan saat sore hari. 

Ada pilihan lainnya untuk camilan seperti yogurt, sereal, keju, dan lainnya. Ingat ya, kamu harus menghindari makanan keripik, fast food, dan makanan tidak menyehatkan lainnya.

Baca juga: Tips Sehat: Biasakan Menyantap Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa

Bagikan:
1805 kali