Banyak Pilihan Makanan dan Minuman yang Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadan. Beberapa Di Antaranya Adalah Kurma dan Susu. Saatnya Kamu Memulai Kebiasan Untuk Berbuka dengan Makanan Terbaik (Foto: Rumah123/Getty Images)

Puasa Ramadan telah berlangsung selama lebih dari satu pekan. Apakah kamu sudah membiasakan diri menyantap makanan sehat saat berbuka? Kalau belum, saatnya mengubah kebiasaan buruk tersebut. Kamu harus mulai mengonsumsi makanan yang mengandung air, rendah lemak, dan tanpa pemanis buatan.

Mungkin ada di antara kamu yang sudah terkena batuk, flu, radang tenggorokan, atau sakit lainnya. Biasanya sih kamu terlalu banyak makan gorengan dan minum es buah.

Sejatinya, puasa adalah menahan nafsu. Kamu juga harus melakukan hal yang sama ketika berbuka. Waktunya mengubah kebiasaan berbuka semaunya dengan menyantap makanan yang sehat.

Baca juga: Tips Sehat: Ingat Rumus 2-4-2 Supaya Ga Dehidrasi Saat Puasa Ramadan

Situs Nutrition.org.uk memaparkan makanan dan minuman yang seharusnya disantap saat berbuka puasa. Sebaiknya hindari gorengan ya, walaupun gorengan memang nikmat.

Saat berbuka, biasakan membatalkan puasa dengan minum air putih atau makanan yang mengandung cairan. Makanan yang bagus untuk berbuka adalah yang mengandung cairan, rendah lemak, dan mengandung gula alami untuk energi.

Kamu bisa memilih antara air putih, susu, jus segar, atau smoothie. Air memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Susu dan jus buah menyediakan nutrisi dan gula alami. Hindari untuk minum cairan dengan gula buatan dan terlalu banyak kalori.

Baca juga: MRT Perbolehkan Penumpang Buka Puasa Minum Air Putih dan Makan Kurma

Pilihan berbuka lainnya adalah kurma. Sunnah Nabi Muhammad SAW agar berbuka dengan kurma yang jumlahnya ganjil. Kurma memberikan asupan gula alami untuk energi. Kurma juga mengandung banyak mineral.

Buah bisa menjadi pilihan lain berbuka. Buah meyediakan gula alami untuk energi, cairan, vitamin, dan mineral. Ingat, hindari buah dengan rasa asam karena kamu baru berbuka puasa.

Pilihan lainnya adalah berbuka dengan sup. Biasanya masyarakat Arab berbuka dengan santapan ringan seperti sup. Kenapa kamu tidak mencobanya juga?

Baca juga: Penumpang KRL Commuter Line Diizinkan Buka Puasa di Dalam Kereta

Sebenarnya banyak pilihan santapan berbuka kan? Semua makanan dan minuman tergolong santapan sehat. Waktunya kamu mulai membiasakan diri untuk berbuka dengan santapan sehat.

Gorengan, es buah, atau makanan berat lainnya sebisa mungkin dihindari atau dikurangi. Rasanya sulit untuk tidak makan gorengan, tetapi biasakan berbuka dengan air putih dan kurma terlebih dulu ya. Yuk, hidup sehat dimulai dari rumah.

Bagikan: 1100 kali