Foto: Rumah123/iStock
 

Bekerja di rumah saat ini emang udah biasa. Tapi, kalau kamu gak memberikan perhatian khusus pad aruang kerja di rumah, bisa-bisa kamu gak fokus saat bekerja di rumah. Enaknya punya rumah tuh gitu, bisa kerja dari rumah dengan tenang.

Tentu aja bikin ruang kerja di rumah gak haru sesempurna ruang kerja di kantor. Tapi, agar kamu nyaman dan aman kerja di atau dari rumah, maka ada beberapa hal yang butuh kamu perhatikan. Berikut ini beberapa hal yang dapat memandu kamu bikin ruang kerja di rumah yang nyaman:

Baca juga: Siapa yang Mau Punya Ruang Kerja dengan Desain Skandinavia?

Pilih tempat duduk yang nyaman.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa setidaknya ada 90% orang yang mengalami sakit punggung. Salah satu pemicunya adalah duduk dengan posisi yang tidak tepat dalam waktu yang cukup lama. Agar terhindar dari sakit punggung karena berlama-lama berdiam di depan laptop, kamu pilih tempat duduk yang sesuai dengan kontur tubuhmu supaya tubuh gak jadi kaku kayak paku.

Pencahayaannya terang.

Pencahayaan pada sebuah ruang berpengaruh terhadap mood dalam melakukan aktivitas. Penerangan yang redup biasanya bikin ngantuk. Nah, untuk ruangan kerja, kamu buat penerangan terang agar bersemangat ketika menyelesaikan pekerjaan. Namun, kamu atur juga agar pencahayaan di runag kerja gak kelewat terangnya. Pasalnya, kalau terlalu terang akan menyilaukan mata.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Tips Jadikan Loteng Sebagai Ruang Kerja

Jangan letakkan barang yang gak relevan dengan pekerjaan.

Agar tidak memecahkan konsentrasi kamu ketika bekerja, hindari meletakkan banyak barang yang tidak penting di runag kerja. Barang-barang yang belatakan bisa mengacaukan fokus kamu saat bekerja.

Dekorasi yang tepat.

Dekorlah ruang kerja di rumah dengan aksesori atau hiasan yang kamu sukai. Misalnya memasang lukisan pemandangan alam atau foto keluarga. Pokoknya, hal yang menambah semangat kerja kamu.

*

Bagikan: 788 kali