Dekorasi pot terakota bertema gambar buah. Foto: Rumah123/Realestate.com.au
 

Tanaman dalam pot kecil di rumah bisa menambah hidup ruangan. Tapi, tambah semarak lagi kalau pot-pot terakota yang berbahan tanah itu kamu beri sentuhan cat ceria dan gambar menarik semisal gambar buah.

Kegiatan DIY (Do It Yourself) yang bisa kamu lakukan bersama anak atau anggota keluarga yang lain ini, selain menyenangkan juga bisa menghemat pengeluaran untuk pos interior rumah.

Pot-pot terakota yang masih polos bisa kamu beli di toko dengan harga murah. Kalau kamu menggunakan pot terakota lama yang ada di rumah, jangan lupa untuk membersihkannya dari debu dan kotoran, serta mengeringkannya dulu sebelum kamu mengecat atau melukisnya.

Baca juga: Kalau Ingin Hadirkan Tanaman Hias di Ruangan, Ini Contekan Cara Pilih Potnya!

Laura Cuattrocelli dalam Realestate.com.au, 5 September 2018, memberikan langkah-langkah untuk mendekor pot tanaman terakotamu seperti berikut ini:

Melukis 3 Pot Tanaman Terakota  

Waktu pengerjaan: 2 jam

Tingkat keterampilan: Pemula

Yang kamu perlukan:

1x kuas cat tipis

Kuas cat lebar 1x

Cat akrilik dalam berbagai warna (termasuk hitam)

Gloss spray paint 

Cat semprot putih

Pot terakota dengan tatakan dalam ukuran apa pun yang Anda suka

Selotip

Pot tanaman bercorak semangka ini adalah kegiatan DIY yang mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja, pencinta kerajinan tangan ataupun bukan. Foto: Rumah123/Realestate.com.au
 

Ke-1. Pot Tanaman Bergambar Buah 

Kegiatan ini pastinya menyenangkan. Kamu bisa melukis pot terakota sesuai kepribadianmu dengan warna-warna hidup yang menyemarakkan sudut rumah. Sesuaikan warna dan pilihan gambar sesuai dengan buah favoritmu. Semisal tanaman pot bertema semangka ini adalah kegiatan DIY yang mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik oleh pencinta kerajinan tangan ataupun bukan.

Baca juga: Tips Tanaman Rumah Subur dan Selalu Segar

Langkah 1: Dengan menggunakan kuas cat lebar, aplikasikan cat dasar ke pot. Palet warna akan tergantung pada buah yang kamu pilih. (Misalnya, merah segar untuk isi semangka berkombinasi dengan warna hijau seperti kulit semangka, atau warna kuning untuk tampilan buah nanas).

Biarkan hingga kering lalu oleskan lapisan kedua dengan warna yang sama untuk menutupi goresan kuas.

Langkah 2: Dengan menggunakan kuas cat tipis dan cat hitam, lukis pot terakota dengan detail persis desain buah yang kamu pilih. Semisal untuk semangka, warna hitam itu adalah bijinya. Untuk nanas, lukis bentuk seperti paku kecil di seluruh pot.

Langkah 3: Setelah cat kering, ambil pot dan tatakannya, lalu semprot dengan lapisan cat kilap. Biarkan kering dan selesai!

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok untuk Kebun Vertikal, Sudah Tahu?

Ke-2. Pot Tanaman Bercorak Balok Warna (Colour-Block

Dekorasi pot terakota dengan pola balok warna sedang tren. Lukislah dengan menyesuaikannya dengan dekorasi dan nuansa warna ruangan di rumah.

Dua tone balok warna sebagai dekorasi pot terakota pengias ruangan. Foto: Rumah123/Realestate.com.au

Langkah 1: Dengan menggunakan selotip, petakan pola (dalam hal ini, bentuk segitiga) pada pot dan tempelkan ke bawah. Gak usah khawatir dengan ukuran atau bentuk bloknya, semakin gak beraturan semakin memberikan banyak karakter pada pot tersebut.

Langkah 2: Warnai pilihan warna pertamamu ke dalam bentuk yang baru, tandai dengan selotip.

Langkah 3: Lepaskan pita perekat sebelum cat benar-benar kering, lalu biarkan hingga kering.

Langkah 4: Dengan menggunakan selotip lagi, tandai bentuk kedua untuk kontras yang pertama kamu lukis. Rekatkan dan gunakan warna cat yang berbeda, cat di dalam pita.

Baca juga: 5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Langkah 5: Lepaskan pita perekat sebelum cat kering, lalu biarkan hingga kering dan selesai.

Kamu dapat mengulangi langkah-langkah tersebut untuk menambahkan lebih banyak bentuk atau lapisan warna, serta bermain-main dengan pola yang berbeda. Imajinasimu bisa saja gak berbatas dalam hal ini.

Ke-3. Pot Tanaman Berdesain Papan Tulis dengan Pesan 

Desain ini sangat cocok kalau kamu pake untuk mengingatkan tukang kebun yang suka lupaan. Gunakan pot ini sebagai pengingat dia untuk menyiram tanaman. Atau sebagai info apa yang kamu tanam di pot terakota itu.

Dekorasi pot tanaman bak papan tulis berpesan ini cocok buat mengingatkan tukang kebun yang pelupa. Foto: Rumah123/Realestate.com.au

Langkah 1: Semprotkan cat dasar putih ke seluruh potmu. Lakukan hal yang sama dengan tatakannya.

Langkah 2: Setelah polesan cat dasar itu kering, gunakan cat hitam menyerupai papan tulis dengan kuas lebar. Cat badan pot dengan cat hitam yang bagus.

Langkah 3: Setelah semua cat kering (selama 24 jam), kamu dapat mulai menulis pesan di pot itu.

Setelah kamu menguasai desain yang instan dan mudah ini, kamu akan punya ide lebih banyak untuk melukis pot tanamanmu. Pot dengan dekorasi menarik ini bisa untuk rumahmu sendiri ataupun kamu jadikan kado untuk teman dan keluarga.

 

 

Bagikan: 734 kali