Korban Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala Terancam Terkena Penyakit Berbahaya (Foto: Rumah123/The Asian Age)

Usai terjadinya tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, para penyintas (survivor) terancam oleh penyakit. Seperti apa sih penyakit pasca tsunami yang mesti diwaspadai?

Gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/09/2018). Gempa ini berkekuatan besar hingga mencapai 7,7 skala Richter. Korban jiwa yang meninggal tercatat mencapai 1.200 orang hingga Senin (1/10/2018).

Situs Tirto.id melansir sejumlah penyakit yang bisa mengancam pasca tsunami. Banyak penyakit yang mesti diwaspadai.

Baca juga: Tips Mitigasi Bencana: Bagaimana Mengatasi Trauma Pasca Gempa

Air laut datang menerjang ke daratan dan merusak semuanya. Air laut juga bercampur dengan air tawar sehingga tidak ada lagi ketersediaan air bersih.

Sejumlah peneliti sempat melakukan riset mengenai penyakit apa saja yang bisa muncul setelah terjadi tsunami. Banyak penyakit yang bisa muncul lho. Penyakit ini bisa membahayakan

Makanan dan minuman yang terkontaminasi bisa menimbulkan kolera, diare, dan demam tifoid. Sanitasi yang buruk bisa mengakibatkan hepatitis dan infeksi vagina.

Baca juga:  Tips Tsunami: Ini yang Mesti Kamu Lakukan Saat Terjadi Tsunami

Virus atau parasit dari nyamuk bisa menyebabkan malaria dan demam berdarah. Sementara virus dan bakteri yang bertebaran di udara bisa mengakibatkan infeksi pernafasan seperti gangguan pernafasan ringan, bronkitis akut, dan pneumonia.

Kenapa hal ini bisa terjadi, tentunya air laut masuk ke daratan. Lantas air laut ini bercampur dengan apa saja termasuk sampah, tanah, dan lainnya.

Lingkungan yang kotor ini membuat nyamuk berkembang biak. Sanitasi tidak lagi bisa terjaga. Makanan dan minuman terbatas, mungkin juga tercemar. Ancaman penyakit pun semakin besar.

Baca juga:  Gempa dan Tsunami Guncang Palu dan Donggala, Ingat Belajar Mitigasi Bencana

Pemulihan kawasan harus segera dilakukan agar para korban selamat tidak terkena penyakit. Mereka juga harus direlokasi dari area yang sebelumnya sudah hancur dan kotor.

Nah, buat kamu yang ingin membantu, donasikan uang untuk membeli obat dan alat-alat kesehatan. Yuk, bantu saudara-saudara kita di Palu dan Donggala.

Bagikan: 379 kali