Ilustrasi Keluarga (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Masalah pembayaran uang muka atau down payment (DP) masih menjadi hal yang memberatkan bagi para pembeli rumah pertama alias first time home buyer. Satu tips yang kamu bisa lakukan yaitu menumpang dulu sama orang tua atau mertua sambil menabung DP.

Problem ini tidak hanya terjadi di Indonesia lho. Situs properti no 1 di Indonesia, Rumah123 pernah mengadakan riset yang mengungkapkan hal ini.

Santader juga melakukan riset serupa di Inggris. Santander merupakan lembaga keuangan dan perbankan asal Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri pada 1902 silam.

Baca juga: Tips Nabung DP: Ga Usah Malu Cari Kopi Gratisan

Riset melibatkan 2.000 responden orang dewasa di seluruh Inggris. Hasilnya memang benar-benar tidak disangka.

Lebih dari sepertiga responden menyatakan kalau mereka akan memilih opsi kembali ke rumah orang tua selama dua tahun untuk mengumpulkan uang muda. Nah, ada lagi yang lebih lumayan edan lho.

Ada 15% lainya yang berencana untuk menumpang di orang tua selama lima tahun guna menghimpun DP. Wah, ini lebih lama lagi ya.

Baca juga:  Tips Nabung DP: Fokus Prioritas dan Kurangi Utang Kartu Kredit

“Kami memahami kalau untuk memulai menjadi pemilik properti memang susah dan riset kami menyatakan kalau first time buyer melakukan hal serius untuk melakukan langkah pertama,” ujar Managing Director of Mortgage Santader Inggris, Miguel Sard kepada Daily Mail.

“Mereka menunjukkan sikap pantang menyerah, determinasi, dan imajinasi untuk mengumpulkan deposit dan mengeksplorasi semua pilihan yang tersedia untuk memaksimalkan tabungan mereka,” lanjutnya.

Bagi kamu, generasi milenial yang baru bekerja dan masih tinggal bersama orang tua, kamu bisa meniru langkah ini. Mumpung masih ikut orang tua, coba alokasikan gaji untuk menabung DP.

Baca juga:  Tips Nabung DP: Gimana Cara Nabung Kalau Berwirausaha

Orang tua kamu pasti mengerti kok kalau kamu sedang berusaha keras menabung uang muka. Kamu bisa dibebaskan dari kewajiban membayar iuran listrik, telepon, air, atau membeli makanan. Toh, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos pergi pulang kantor serta sedikit pengeluaran gaya hidup.

Bagikan: 380 kali