Bagaimana Menabung Uang Muka, Menghemat Pengeluaran atau Menambah Penghasilan (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Mau beli rumah, pastinya harus menabung DP (down payment) atau uang muka. Apa yang bakal kamu lakukan untuk menabung DP, menghemat pengeluaran atau menambah penghasilan? Perencana keuangan Kaukabus Syarqiah punya jawabannya.

Kamu berencana membeli rumah pada 2019 ini. Kamu sudah menemukan hunian incaran atau belum, tetapi kamu harus mulai untuk menabung uang muka.

Langkah apa yang akan kamu lakukan untuk menabung DP? Yang pasti kamu akan menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk menabung.

Baca juga: Tips Nabung DP: Ga Usah Malu Cari Kopi Gratisan

Tapi, kalau ingin menabung lebih banyak gimana caranya? Apakah kamu akan memperbesar porsi tabungan atau memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan?

“Seberapa besar yang bisa ditabung dalam sebulan?” ujar financial planner Kaukabus Syarqiah kepada Rumah123. Dia memberikan ilustrasi sederhana mengenai hal ini.

Jika kamu sebagai pekerja yang baru mengawali karier dan memiliki gaji Rp5 juta per bulan. Kamu mungkin masih bisa “memaksa” menabung Rp2-3 juta per bulan.

Baca juga:  Tips Nabung DP: Gimana Cara Nabung Kalau Berwirausaha

Bagi generasi milenial yang tinggal di kota besar seperti Jakarta tentu sulit untuk menyisihkan porsi lebih besar dari penghasilan. Pengeluaran di kota besar cukup tinggi. Walaupun kamu masih tinggal dengan orang tua, namun tetap saja pengeluaran bulanan pasti besar.

Kaukabus memberikan solusi berupa menambah penghasilan. Bagaimana caranya? Kamu harus memiliki pekerjaan sampingan.

“Mau nggak mau ya punya pekerjaan sampingan, side job. Generasi milenial diuntungkan dengan teknologi internet,” kata Kaukabus lagi.

Baca juga:  Tips Nabung DP: Numpang Aja Dulu Sama Orang Tua

Kaum milenial bisa memanfaatkan hobi atau keahlian untuk memiliki pekerjaan sampingan. Mungkin kamu seorang akuntan, tetapi hobi menyanyi atau membawakan acara, kenapa tidak mencoba menjadi pengisi acara di pernikahan?

Atau kalau kamu akuntan yang bekerja dari Senin-Jumat, coba untuk mencari side job melalui sahabat atau kerabat. Siapa tahu ada pekerjaan sampingan yang sama sebagai akuntan lepas yang bisa dikerjakan setelah office hour atau ketika weekend.

Bagikan: 1178 kali