Ilustrasi Wirausaha (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Saat menjalankan bisnis sendiri alias wirausaha tentunya nggak mudah. Pemasukan dan pengeluaran turun naik. Bagaimana ceritanya kalau kamu berencana menabung uang muka dan kemudian menyicil beli rumah?

Bagi yang sudah pernah berbisnis atau sedang menjalankan usaha, pastinya tahu kalau pemasukan kamu tidak tetap. Tidak seperti pegawai perusahaan yang mendapatkan gaji tetap setiap bulannya.

Pemasukan yang tidak tetap ini bisa mengganggu impian kamu yang sedang menabung uang muka atau down payment (DP) dan kemudian ingin menyicil rumah. Truz gimana dong?

Baca juga: Tips Nabung Suami Istri: Duit Kamu, Ya Cara Kamu

Situs properti asal Australia, Realestate.com.au memberikan sejumlah tips bagaimana menabung kalau kamu berprofesi sebagai wirausahawan. Brigid Holder yang memiliki dua usaha membagikan tipsnya.

Pertama, tentukan tujuan dan kalau perlu ditulis. Langkah pertama untuk merencanakan tabungan adalah membuatnya menjadi tujuan yang dapat dicapai.

Jika kamu membuatnya sebagai tujuan yang jelas, maka kamu akan berusaha keras dan fokus untuk mencapainya. Jangan lupa untuk menuliskannya ya.

Baca juga: Tips Menabung DP: Gimana Bisa Nabung Gede Tanpa Kamu Sadari

Kedua, membuka rekening tersendiri. Buat kamu yang berbisnis, pastinya kamu memisahkan rekening untuk usaha dan keperluan sehari-hari kan?

Sekarang, saatnya untuk membuka rekening baru yang dikhususkan untuk menabung uang muka dan juga untuk cicilan. Siapa tahu juga kamu berencana membeli rumah secara tunai?

Ketiga, mengatur arus kas. Pemasukan dan pengeluaran yang tidak tetap tentunya menjadi tantangan besar bagi mereka yang berwirausaha.

Baca juga: Tips Nabung DP: Jangan Remehkan Uang Recehan Kembalian

Salah satu caranya adalah mematok tabungan sebesar 25%. Jadi saat pemasukan kecil, tabungan juga kecil. Namun, saat pemasukan besar, tabungan kamu juga membesar.

Keempat, meminta bantuan pakar keuangan. Holder menggunakan jasa akuntan dan bankir spesialis pinjaman kredit pemilikan rumah.

Mereka bisa membantu apakah keuangan kamu cukup sehat untuk membeli properti atau tidak. Mereka bisa memberikan solusi atas masalah kamu.

Baca juga: Tips Nabung DP: Ga Usah Malu Cari Kopi Gratisan

Kelima, melindungi sumber pemasukan. Asuransi bisa menjadi solusi dari hal yang mungkin tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan kerja.

Bisa jadi kamu tidak bisa bekerja, namun masih harus menyicil. Proteksi untuk pendapatan bagi wirausaha memang diperlukan.

Nah, kalau ada sederetan tips seperti ini, nggak ada lagi alasan bagi kamu yang berwirausaha untuk tidak membeli rumah. Malah kamu bisa berinvestasi properti lainnya seperti kantor, ruko, gudang, workshop atau pabrik, dan lainnya.

Baca juga: Tips Nabung DP: Fokus Prioritas dan Kurangi Utang Kartu Kredit

Bagikan: 450 kali