Cara Hidup Hemat untuk Menabung DP Rumah Adalah Minum Kopi Gratis yang Disediakan Kantor (Foto: Rumah123/News.com.au)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung uang muka atau down payment (DP) membeli rumah atau apartemen. Salah satunya adalah mengecek pengeluaran harian. Tips ini dipaparkan oleh situs properti Realtor.

Ngapain beli, kalo bisa dapat gratis. Sebelum memeriksa dompet kamu dan menghitung berapa pengeluaran, kamu harus bertanya kepada diri sendiri, apakah kamu perlu membeli sesuatu?

Contoh paling mudah adalah ngapain kamu pergi ke coffee shop atau cafe setiap pagi, setiap siang, dan setiap sore? Bukankah ada kopi gratis di kantor?

Baca juga: Tips Nabung Suami Istri: Duit Kamu, Ya Cara Kamu

“Ini adalah salah satu tipe tindakan disiplin yang akan membuat seseorang memantau tabungan secepat mungkin,” ujar vice president Freedom Financial Network, Kevin Gallegos kepada Realtor.

Masuk akal kan apa yang dikemukakan tadi? Ngapain ke coffee shop setiap pagi, siang, dan sore. Padahal ada kopi gratis di kantor.

Berapa jumlah pengeluaran kamu selama sebulan ke coffee shop? Jika kamu merogoh Rp50.000 untuk secangkir kopi, berarti kamu menghabiskan Rp150.000 per hari atau Rp4,5 juta per bulan. Lho, katanya mau nabung DP?

Baca juga:  Berapa Lama Generasi Milenial Nabung DP Rumah? 32 Tahun!

Jika kamu menghabiskan uang sebanyak ini hanya untuk ngopi, berarti sebenarnya kamu bisa menabung lebih cepat. Kamu belum menghitung biaya penghematan lainnya seperti langganan nge-gym, langganan televisi kabel, dan lainnya.

Kalau ada kopi gratis di kantor, ya bikin saja. Tetapi, tentunya tahu diri juga sih. Jangan sampai boks kopinya dibawa pulang lho. Ini mah kelewatan.

Biasanya kantor menyediakan fasilitas kopi, teh, dan gula. Bahkan, ada yang menyediakan cemilan. Kamu membuat tiga cangkir kopi sehari pun rasanya masih wajar. Tidak semua orang memanfaatkannya karena memang tidak suka minum kopi atau teh.

Baca juga:  Tips Menabung DP: Gimana Bisa Nabung Gede Tanpa Kamu Sadari

Ketimbang kamu boros menghabiskan uang Rp4,5 juta hanya untuk minum kopi dari coffee shop ternama, kenapa nggak memanfaatkan fasilitas yang ada.

Tapi, nggak ada salahnya juga untuk ngopi di cafe. Saat weekend, ketika berkumpul dengan teman-teman, nggak ada salahnya untuk minum kopi.

Jadi masih banyak yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya. Nggak usah gengsi buat cari kopi gratisan di kantor. Yuk, niat nabung DP rumah atau apartemen dari sekarang.

Baca juga:  Tips Nabung DP: Jangan Remehkan Uang Recehan Kembalian

Bagikan: 619 kali