Saat Ingin Menabung Uang Muka Membeli Rumah, Usahakan untuk Mengurangi Utang Kartu Kredit (Foto: Rumah123/Go Banking Rates)

Saat memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen, kamu bakal berkorban apa saja untuk mewujudkan impian. Apa saja sih yang mesti dilakukan? Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Vice president Freedom Financial Network, Kevin Gallegos mengungkapkan kepada situs properti Realtor mengenai tips yang dilakukan saat ingin membeli dan memiliki properti. Gallegos merupakan perencana keuangan atau financial planner.

Tips yang diberikan oleh Gallegos sebenarnya simpel banget sih yaitu selalu bisa fokus dalam melakukan prioritas. Sederhana dan terkesan seperti omongan motivator ya, tetapi kalau nggak dilakukan, fokus kamu bakal berantakan juga kan.

Baca juga: Berapa Lama Generasi Milenial Nabung DP Rumah? 32 Tahun!

Salah satu yang tidak boleh diabaikan adalah mengurangi utang kartu kredit. Ingat ya, utang kartu kredit itu bunga berbunga ya.

Saat mulai menabung uang muka atau down payment (DP) pastinya berat banget. Kamu bakal tergoda untuk membeli yang lain. Godaannya banyak banget.

Kamu pengen membeli smartphone terbaru. Apple baru saja merilis iPhone Xs Max. Masa sih nggak pengen jadi orang pertama yang memilikinya?

Baca juga: Tips Menabung DP: Gimana Bisa Nabung Gede Tanpa Kamu Sadari

Belum lagi godaan lifestyle lainnya seperti menonton film di bioskop, menyaksikan konser musik, berlibur ke destinasi yang keren, nongkrong di café, dan banyak lagi.

Sebenarnya, kamu nggak perlu memangkas semua itu sih. “Lifestyle bulanan” masih bisa dilakukan kok. Jika kamu menonton bioskop seminggu sekali, kurangi dong menjadi satu dua dalam sebulan.

Nggak perlu juga nongkrong di café setiap hari atau beli kopi sehari tiga kali. Coba ngopi di coffee shop dua tiga kali seminggu aja. Kayaknya masih cukup oke kan?

Jadi nggak terlalu sulit kan? Ingat ya, fokus untuk menyisihkan uang untuk menabung DP, kurangi sedikit gaya hidup, dan kurangi utang kartu kredit. Oke!

Baca juga: Tips Nabung DP: Jangan Remehkan Uang Recehan Kembalian

Bagikan: 779 kali