Salah Satu Cara Menabung Uang Muka Pembelian Rumah Atau Apartemen Adalah Mengecek Pengeluaran Sehari-Hari. Kamu Bisa Mengurangi Makan Siang di Restoran, Minum Kopi di Cafe, Menghentikan Langganan Pusat Kebugaran, Memangkas Biaya Langganan Internet dan Televisi Kabel, Hingga Menggunakan Transportasi Massal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Salah satu cara untuk menabung uang muka membeli rumah adalah mengecek pengeluaran sehari-hari. Kamu harus mengecek cukup detail supaya bisa menghemat pengeluaran. Kalau tidak bisa menghemat, bagaimana bisa menabung?

Kamu berencana untuk menabung uang muka atau down payment (DP) pembelian rumah atau apartemen. Kamu ingin menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan uang muka sebesar 10-20 persen dari harga rumah.

Situs properti Realtor.com memberikan solusi mudah bagaimana bisa membeli rumah. Salah satunya adalah melakukan kebiasaan harian dengan mengecek pengeluaran sehari-hari dan memangkas pengeluaran tidak perlu.

Baca juga: Tips Nabung DP: Jangan Remehkan Uang Recehan Kembalian

Sejumlah pos pengeluaran bisa dipangkas seperti mengurangi frekuensi makan di restoran, memangkas biaya langganan internet atau televisi kabel, mempertimbangkan keanggotaan pusat kebugaran atau gimnasiun, mengurangi minum kopi di cafe, hingga membuat makan siang sendiri.

Jika kamu menghabiskan Rp150.000 untuk makan siang, coba untuk menguranginya dengan hanya makan siang di restoran saat akhir pekan. Kamu bisa mulai untuk membawa makan siang dari rumah. Atau pilihan lainnya adalah makan di kantin yang harganya jauh lebih murah.

Sama halnya dengan minum kopi di cafe. Coba kurangi untuk membeli kopi dari kedai kopi selama hari kerja. Saat akhir pekan, kamu bisa menikmati kopi di cafe.

Baca juga: Tips Nabung DP: Fokus Prioritas dan Kurangi Utang Kartu Kredit

Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengurangi biaya internet dan televisi kabel. Kamu bisa berlangganan internet yang murah, memanfaatkan wifi kantor, dan lainnya.

Mungkin kamu bisa berpikir ulang untuk berlangganan televisi kabel. Ngapain langganan kalau aktivitas kamu lebih banyak di luar rumah? Kamu bisa menghemat beberapa ratus ribu rupiah.

Langganan pusat kebugaran? Kalau kamu tiap hari bisa datang untuk nge-gym, ya tidak masalah. Lain halnya ketika kamu hanya datang satu dua kali dalam satu pekan. Kamu bisa menghemat Rp500.000. Kamu bisa berolahraga kecil di taman atau saat car free day.

Baca juga: Tips Nabung DP: Gimana Cara Nabung Kalau Berwirausaha

Pernah terpikir untuk membawa makan siang sendiri? Gak usah malu untuk membawa siang. Kamu bisa belajar memasak untuk membuat makanan sederhana untuk dibawa ke kantor.

Cara lainnya adalah mengalihkan cicilan mobil atau motor. Mungkin kamu masih memiliki cicilan mobil atau motor, jual saja mobil atau motor tersebut. Kamu bisa mengalihkannya untuk tabungan DP.

Selanjutnya, kamu membiasakan diri untuk menggunakan transportasi massal seperti Transjakarta, MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), atau kereta rel listrik commuter line. Kamu bisa melakukan penghematan yang banyak lho karena kamu tidak membayar biaya bensin, parkir, tol, dan perawatan kendaraan.

Baca juga: Tips Nabung DP: Menghemat Pengeluaran Atau Menambah Penghasilan

Bagikan: 907 kali