Tips Anti Mabuk- Rumah123.com Kalau Kamu Sering Mabuk dalam Perjalanan, Coba Terapkan Sejumlah Tips Ini Agar Kejadian yang Sama Tidak Terulang (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik bisa membuat orang merasa mual atau mabuk di perjalanan. Jangan khawatir ada sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Perjalanan jauh menggunakan bus atau kendaraan pribadi tentu berbeda dengan naik kereta api. Guncangan dalam perjalanan tentu tidak mengenakkan.

Hal biasa ketika ada orang yang menyatakan dia bakal mabuk kalau naik bus atau mobil. Bisa jadi semua orang pernah mabuk saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan, tidak sedikit yang muntah lantaran tidak kuat menahan mual.

Baca juga: Siapa Mudik Lebaran Lewat Trans Sumatera, Pastikan Tahu Tarif Tolnya

Perasaan pusing, letih, dan mual pastinya dirasakan. Namun, kamu harus bisa mengatasi semua itu apalagi bagi mereka yang rutin melakukan ritual mudik lebaran.

Mau tidak mau, kamu harus mengatasinya lantaran saat melakukan perjalanan balik dari kampung halaman, kamu bakal merasakan hal yang sama.

Ada sejumlah tips yang dapat dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Kamu bisa mencoba untuk melakukannya agar tidak lagi merasa mabuk dalam perjalanan.

Baca juga: 3 Tips Anti Capek Mengemudi Saat Mudik Lebaran

Pertama, istirahat yang cukup. Sebelum mudik, pastikan kamu telah tidur atau istirahat dalam jumlah yang cukup.

Kedua, makan minum yang cukup. Saat mudik lebaran, kamu pastinya puasa. Usahakan makan sahur yang cukup. Jika tidak berpuasa, pastikan makan dan minum yang cukup, jangan terlalu kenyang.

Ketiga, posisi duduk yang nyaman. Kalau kamu mabuk dan naik kendaraan pribadi, jangan duduk di bagian belakang. Minta untuk duduk di bagian tengah. Jika kamu menggunakan bus, duduk di bagian tengah dan jangan pada bagian di atas roda.

Baca juga: Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Keempat, mencari udara segar. Saat kendaraan berhenti untuk mengisi bahan bakar, usahakan kamu ikut turun untuk mencari udara segar.

Kelima, melihat pemandangan. Kamu bisa mengalihkan perhatian dengan memandang apa yang ada di luar sehingga pikiran kamu bisa teralihkan dari perasaan mual.

Kelima, mengatur pola pikir. Sebelum berangkat, kamu harus memiliki pola pikir positif tidak mual selama perjalanan. Kalau perlu ajak penumpang lain untuk mengobrol supaya pikiran kamu teralihkan.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran: Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

Bagikan: 525 kali