Saat Mudik Lebaran, Pastikan Kamu Membawa Barang Secukupnya dan Jangan Berlebihan. Ini Mudik Lho, Bukan Pindah Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat ingin mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, tentunya membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah mengatur barang bawaan di bagasi mobil khususnya untuk mobil MPV atau SUV.

Mudik lebaran dengan memakai mobil pribadi tentu memiliki banyak keuntungan. Kamu bisa mudik bersama keluarga serta membawa barang dan oleh-oleh dalam jumlah banyak.

Kalau kamu mempunyai mobil dengan konsep tiga baru penumpang maka kapasitas bagasi lebih lapang. Mobil MPV (multi purpose vehicle) seperti Avanza, Xenia, atau Innova dan juga SUV (Sport Utility Vehicle) seperti Rush, CRV, atau sejenisnya punya ruang lapang dibandingkan mobil sedan.

Baca juga: Ada 71 Rest Area Sepanjang  Jalan Tol Trans Jawa, Mudik Lebaran Pun Bisa Lebih Tenang

Bagian belakang tempat duduk bisa digunakan untuk penumpang atau bagasi. Jika digunakan untuk bagasi, tentunya kapasitas barang bawaan bisa cukup banyak.

Eh, tapi jangan salah ya. Jangan sampai karena kapasitas bagasi besar, namun bukan berarti kamu bisa seenak jidatnya meletakkan barang. Kamu mesti memiliki aturan agar barang bawaan aman dan juga tidak membahayakan.

Situs Kompas.com mengutip pernyataan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu bahwa jika barang terlalu menumpuk di bagian belakang mobil tentu sangat berbahaya. Hal ini bisa menghalangi penglihatan pengemudi ke bagian belakang mobil.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa? Ini Dia Tarifnya

Jika Membawa Barang Bawaan di Bagasi Mobil Seperti SUV Atau MPV, Pastikan Pengendara Bisa Melihat Ke Belakang Melalui Kaca (Foto: Rumah123/Getty Images)

Cara Mengatur Barang Bawaan di Bagasi

Pertama, pisahkan barang bawaan seperti pakaian, oleh-oleh, dengan barang yang digunakan dalam perjalanan. Pastinya kamu membawa baju untuk dipakai selama berlebaran.

Selain itu, kamu juga akan membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Semua barang bawaan ini sebaiknya ditaruh di bawah.

Sementara ada barang yang akan dipakai selama perjalanan. Biasanya baju ganti, bantal, mainan untuk anak, smartphone, tablet, laptop, dan lainnya.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Jangan Lupa Isi E-Toll yang Banyak

Kedua, meletakkan barang bawaan berdasarkan berat. Koper biasanya berat. Kamu harus meletakkannya pada bagian bawah.

Begitu juga dengan oleh-oleh seperti pakaian. Sedangkan oleh-oleh berupa makanan dapat ditempatkan di atas koper.

Kalau tidak cukup, kamu bisa meletakkan barang bawaan di atas kap mobil. Namun, sebaiknya hal ini dihindari agar mobil tidak kelebihan muatan.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Sumatera, Wajib Tahu Lokasi Rest Area

Ketiga, mengatur barang bawaan supaya tidak menutupi kaca belakang mobil. Supaya hal ini tidak terjadi, jangan bawa barang terlalu banyak.

Batas paling tinggi bawaan barang di bagasi adalah jangan sampai melebihi tinggi tempat duduk pada baris kedua. Gampang banget kan untuk mengetahuinya.

Kalau barang terlalu banyak sehingga menutupi kaca belakang, pengendara mobil akan kesulitan saat melihat ke belakang. Jangan sampai hal ini terjadi lho.

Baca juga: 3 Tips Anti Capek Mengemudi Saat Mudik Lebaran

Bagikan: 1442 kali