Foto: Rumah123/Dok. IKEA
 

Peralatan dapur butuh dirawat agar gak cepat rusak. Kalau alat memasak bisa tahan lama, kan lumayan ada pengiritan. Coba deh tengok dapurmu, paling gak ada tiga bahan material yang biasa digunakan pada peralatan dapur, yaitu plastik, besi, dan kayu. Karena memiliki tekstur dan daya serap yang berbeda-beda, maka berbeda pula cara merawat ketiga bahan perabotan dapur tersebut.

Berikut ini cara merawat peralatan dapur yang bisa kamu tiru:

Material Plastik

Biasakan mencuci peralatan plastik dengan air hangat yang ditambah sabun cuci piring, lalu keringkan. Apabila masih tercium aroma lemak, kamu bisa menyegarkannya dengan jeruk nipis. Sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru dimasak karena berisiko karsinogenik (pemicu kanker).

Material Besi

Karena digunakan untuk memasak dan bersentuhan langsung dengan api, maka bahan besi ini akan berwarna hitam di bagian pantanya. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan jeruk nipis, nanas, atau larutan soda sebagai pelengkap sabun cuci piring.

Untuk cara yang lebih efektif, kamu bisa pakai pembersih cuci piring yang terbuat dari serat aluminium. Pembersih ini sangat ampuh menghilangkan warna hitam di wajan, Cuma efek buruknya, ketebalan permukaan wajan menjadi berkurang karena terkikis.

Baca juga: Tips Dapur Bersih, Dijamin Wajah Berseri Setiap Kali Masak

Material Kayu

Sebagaimana sifat dapur yang mudah lembap, maka perabotan-perabotan berbahan kayu rentan terkena jamur. Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas dengan air mengalir, kemudian angin-anginkan sampai kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin.

Alat masak kayu dibutuhkan pada saat kamu mengaduk atau menggoreng makanan di wajan teflon. Sendok, sodet, atau spatula memang ada yang berbahan kayu. Cara membersihkan sisa noda makanan membandel yang menempel pada peralatan masak, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan pembersih berikut ini:

Garam

Membersihkan piranti memasak dengan garam tak memakan waktu. Cukup dengan cara mencampurkan garam dengan semangkuk air panas. Rendam alat masak dari kayu yang akan dbersihkan selama lima menit. Setelah itu, keringkan alat masakmu, lap dan jemur.

Baca juga: Kalau Rumah Sendiri, Bikin Kebun Stroberi di Dapur Juga Ga Ada yang Ngelarang!

Cuka

Selain garam, cuka pun bisa kamu gunakan dengan cukup ampuh. Masukkan satu gelas cuka dan satu sendok makan madu ke dalam satu mangkuk. Aduk rata dua bahan tersebut. Setelahnya, celupkan kapas, tisu atau kain lap pada cairan cuka dan madu itu untuk membersihkan noda atau sisa bau makanan pada alat masak yang terbuat dari kayu.

Lemon

Lemon sangat ampuh untuk membersihkan peralatan memasakmu. Caranya mudah, pertama kamu harus siapkan air mendidih yang dicampur dengan perasan lemon terlebih dahulu. Kemudian, angkat air mendidih yang telah dicampur perasan lemon tersebut. Ketika masih panas, masukkan alat memasak dari kayu yang ingin kamu bersihkan. Selanjutnya rendamlah peralat tersebut selama 15 menit. Setelahnya, bersihkan alat masak kayumu dengan lap dan jemur sampai kering.

Menghilangkan Bau Amis

Perkakas masak yang berbau bisa jadi berbahan kayu atau bahkan bahan logam lainnya. Untuk menghilangkan bau amis tersebut, ada kiat-kiat khusus yang bisa kamu praktekan dengan mudah:

Baca juga: Dapur Sempit Bisa Jadi Lega lho, Ga Percaya?

Rebus air hingga mendidih. Masukan dua sendok makan garam, lalu masukkan perkakas yang berbau amis ke dalam rebusan air tersebut. Diamkan beberapa menit. Angkat, kemudian cuci dengan sabun hingga bersih. Dengan cara ini, bau amis akan hilang.

Bila bau masih saja tercium, masukkan perasan jeruk lemon ke dalam rebusan air tadi. Lalu, rendam kembali perkakas masak tersebut. Matikan kompor, lalu tunggu hingga lima menit. Setelah itu, kamu bisa membilas dan mencuci perkakas masak dengan sabun hingga bersih. Bau amis akan hilang seketika.

*

Bagikan: 820 kali