Foto: Rumah123/Getty
 

Menjual atau menyewakan properti dengan cepat tentu saja menguntungkan kita sebagai pemilik properti tersebut. Tentu saja berikut harga terbaiknyalah. Budi Santoso dalam bukunya, Sukses Berinvestasi Tanah, Rumah & Properti Komersial: Aplikasi Metode Trade Up Property, menyebutkan, agar properti kita diminati calon pembeli ataupun penyewa, butuh Most Valued Property (MVP).

MVP merupakan nilai jual tersendiri dan kunci keberhasilan menjual ataupun menyewakan properti. Selain faktor pemasaran, juga harus ada faktor survei dan pemeriksaan cerdas ke properti pesaing. Pengetahuan dasar seperti ini akan membantu pemilik properti mendapatkan wawasan yang diperlukan untuk menyesuaikan propertinya secara strategis agar lebih menonjol di antara para pesaingnya.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Menjual Rumah

Selain langkah tersebut, kita sebagai pemilik juga harus membenahi (make over) properti yang akan kita jual atau sewakan itu. Di antara pembenahan itu seperti berikut ini:

Bikin Kesan Baik Secara Keseluruhan

Pada saat pertama kali calon pembeli atu penyewa datang untuk melihat-lihat, berikan kesan baik dan tidak membosankan. Jangan tampak ada cat yang memudar dan warna yang jadul, dinding yang retak, taman yang terbengkalai, karpet yang sudah using, maupun pintu papan yang murahan. Usahakan hal-hal semacam itu tak tampak.

Beri Perhatian Khusus pada Dapur dan Kamar Mandi

Tata ulang dapur dan kamar mandi di properti yang akan kamu jual atau sewakan. Bikin kedua ruangan itu jadi lebih menarik dan nyaman. Cari referensi di majalah-majalah atau situs interior untuk kombinasi material dan warnanya.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Kalau Menyewakan Properti

Bersih Membawa Untung

Bersihkan setiap sudut ruangan dan hilangkan bau tak sedap. Unit properti yang bersih dan segar akan memikat pembeli atau penyewa.

Bikin Terang dan Tambah Pemandangan Alami

Bikin ruangan jadi terang, buka jendela, dan gunakan kaca atap. Singkirkan gorden jendela yang menghalangi cahaya. Perlihatkan kepada calon pembeli atau penyewa pemandangan yang bagus. Menambah pencahayaan dan pemandangan alami berarti menambah nilai properti kamu.

Beri Sentuhan Khusus

Agar lebih menarik, properti kamu perlu sentuhan yang diaplikasikan di pagar, pelapis dinding, pelapis kayu, pegangan pintu (ganti dengan yang tampak lebih mewah). Selain itu, meningkatkan kualitas jenis lampu juga dapat meningkatkan daya tarik. Memasang ornamen spesial dan unik dapat membuat pembeli atau penyewa terpesona.

Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan

Buatlah properti yang akan kamu jual atau sewakan itu tampak aman dan nyaman. Semisal mengganti stop-kontak dengan yang lebih bagus dan aman. Sehingga, pembeli atau penyewa properti kamu membayangkan bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman dengan peralatan elektroniknya.

Bagikan: 929 kali