hewan peliharaan- rumah123.com Ilustrasi Kucing Peliharaan di Rumah. Ada Sejumlah Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menitipkan Hewan Peliharaan Saat Pergi Liburan Natal dan Tahun Baru (Foto: Rumah123/Getty Images)

Libur Natal dan Tahun Baru sudah semakin dekat. Buat kamu yang ingin berlibur, ada sejumlah tips meninggalkan hewan peliharaan di rumah.

Natal sebentar lagi. Begitu juga dengan tahun baru. Bagi yang merayakan Natal, mungkin kamu akan mudik ke kampung halaman.

Bagi yang tidak merayakan, mungkin kamu berencana menghabiskan malam Tahun Baru di luar kota atau luar negeri. Apalagi, libur Natal dan Tahun Baru juga bertepatan dengan libur sekolah anak.

Baca juga: Little Cat, Treadmill Khusus Kucing Biar Hewan Kesayangan Kamu Ga Gemuk Lagi

Kamu akan meninggalkan rumah beberapa lama. Hal ini bisa menjadi masalah bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan, mau dititipkan di mana?

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan saat meninggalkan hewan peliharaan untuk berlibur ketika Natal dan Tahun Baru. Apa saja ya? Yuk, disimak seperti apa tips tersebut.

1. Meminta ART untuk Mengurus Hewan Peliharaan

Kalau kamu memiliki asisten rumah tangga (ART) di rumah, kamu bisa meminta ART untuk mengurus hewan peliharaan kamu. Biasanya, ART sudah terbiasa untuk memelihara hewan peliharaan. Kamu hanya perlu mengingatkan kapan memberikan makan dan minum, serta lainnya.

Namun, hal ini hanya bisa berlaku kalau kamu memelihara hewan seperti ikan, burung, kucing, anjing, atau kelinci. Lain halnya jika kamu memelihara reptil seperti ular, biawak, kadal, dan lainnya. Atau kamu memelihara anjing yang buas. Ingat, ada ART yang diterkam anjing hingg tewas saat memberikan makan.

2. Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Shop

Jika kamu tidak memiliki ART, kamu bisa menitipkan anjing atau kucing kamu di pet shop. Biasanya pet shop memberikan layanan penitipan.

Pet shop sudah memahami cara penitipan hewan peliharaan. Jangan lupa untuk memberitahu kebiasaan hewan peliharaan yang mungkin berbeda. Tidak jarang, kalau kucing atau anjing kamu merasa stres lantaran berada di tempat penitipan.

3. Meminta Kerabat, Tetangga, Atau Teman untuk Merawat Hewan Peliharaan

Kalau kamu memelihara ikan di dalam kolam atau akuarium, tentunya kamu tidak bisa menitipkannya. Jika kamu tidak memiliki ART, pilihan lainnya adalah meminta kerabat, saudara, atau teman untuk merawat dan memerhatikan.

Jangan lupa untuk memberikan jadwal kapan memberikan makan. Pastikan mereka tidak perlu menguras kolam atau akuarium selama kamu pergi.

4. Menitipkan Hewan Peliharaan di Komunitas Pencinta Binatang

Saat ini, banyak orang yang memelihara ular kobra, ular sanca, biawak, kadal, buaya, musang, dan lainnya. Kamu tidak mungkin menitipkan kepada ART, tetangga, teman, atau saudara. Pastinya mereka juga enggan kalau dititipkan hewan seperti ini.

Bisa jadi pet shop juga tidak mau menerimanya karena hewan tergolong berbahaya. Pilihannya adalah kamu menitipkan hewan buas ini kepada sesama pencinta reptil. Mereka sudah paham bagaimana untuk merawat hewan seperti ini. Tentunya tidak mudah memberikan makan kepada ular kobra, bukan?

Baca juga: Apartemen Mungil Ini Didesain untuk 2 Penghuni dan 51 Kucing!

Baca juga: Rumah Mungil untuk Kucing Jalanan, Wah Di Jakarta Seharusnya Ada Juga Tuh

Bagikan: 1030 kali