ular kobra- rumah123 Belakangan, Ular Kobra Muncul di Sejumlah Wilayah di Indonesia Seperti Citayam (Jawa Barat), Jember (Jawa Timur), dan Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogyakarta). Ada Sejumlah Cara untuk Mencegah Ular Kobra Masuk Ke Rumah Atau Cara Menghadapi Ular Kobra (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ular kobra muncul di sejumlah tempat di Indonesia. Bagaimana cara mencegah ular kobra masuk ke rumah? Bagaimana juga cara menghadapi ular kobra?

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok menemukan seekor anak ular kobra di sebuah rumah di kawasan Cilodong, Depok, Jawa Barat pada Senin (9/12/2019).

Laman berita online Tempo.co menyitir pernyataan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana. Ada warga yang melapor kalau ular kobra masuk ke rumah pada pagi hari.

Baca juga: Kenapa Ular Kobra Bisa Masuk Ke Permukiman Warga?

Gandara mengerahkan lima anak buahnya ke lokasi. Petugas menemukan ular berbisa tersebut bersembunyi di CPU (central processing unit) komputer.

Para petugas melakukan evakuasi dengan teliti. Mereka membawa CPU komputer ke kebun kosong. Lokasinya jauh dari permukiman penduduk.

Dia belum bisa memastikan dari mana asal ular kobra tersebut. Anak ular yang ditemukan memiliki panjang 30 sentimeter.

Baca juga: Ini Dia Sejumlah Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Penemuan ular kobra di Cilodong, Depok ini menambah daftar panjang kemunculan ular berbisa tersebut. Ular yang dikenal dengan nama ular sendok ini muncul di beberapa wilayah di Indonesia.

Warga menemukan total 45 ular kobra di Jember, Jawa Timur pada akhir November hingga awal Desember 2019. Ada temuan 30 anak ular kobra di Citayam, Jawa Barat pada awal Desember 2019.

Sementara itu, warga juga Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan 11 anak ular kobra pada akhir November hingga awal Desember 2019.

Baca juga: Apa Beda Ular Weling dengan Ular Welang?

Ada dua dugaan kemunculan anak ular kobra ini. Pertama, perubahan cuaca. Kedua, bertepatan musim kawin ular dan bertelurnya ular.

Cara Mencegah Ular Kobra Masuk Ke Rumah

Ular masuk ke permukiman penduduk lantaran habitatnya di alam liar mulai rusak. Ular juga mencari tempat berlindung di rumah penduduk yang memiliki suhu hangat.

Selain itu, rumah penduduk biasanya juga menjadi tempat tinggal tikus. Hewan pengerat ini menjadi makanan bagi ular.

Ada sejumlah cara mencegah ular kobra masuk ke rumah. Tips ini dikutip dari laman berita online Liputan6.com.

Baca juga: Waspada Serangan Tawon Vespa Affinis, Antisipasi dengan Segera

Pertama, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Kedua, rajin mengepel lantai dengan pewangi kapur barus. Ular tidak menyukai bau menyengat.

Ketiga, jangan suka menumpuk barang atau kardus. Jika terpaksa melakukannya, jangan lupa untuk membersihkannya. Ular menyukai tempat persembunyian seperti ini. Keempat, memastikan tidak ada tikus di dalam rumah atau sekitar rumah. Pastikan untuk membasmi tikus yang menjadi makanan bagi ular.

Cara Menghadapi Ular Kobra

Sebenarnya, ular takut dengan manusia. Ular cenderung menghindari manusia. Namun, manusia juga lebih takut dengan ular. Apalagi ular dianggap binatang berbisa, meski tidak semuanya.

Peluang bertemu ular tentunya bisa menjadi hal yang tidak disangka. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan saat berjumpa ular kobra.

Laman berita online Tempo.co menyitir pernyataan Rizky Maulana. Dia adalah Ketua Animal Education and Socialization yang merupakan komunitas pencinta reptil.

Baca juga: Waspada Jika Temukan Sarang Tawon Vespa Affinis

Pertama, menghindar sejauh mungkin. Anak ular kobra tergolong berbahaya. Ular Kobra Jawa bisa mematuk saat merasa terancam.

Kedua, membunuh ular kalau memiliki keberanian dan kesempatan. Ular kobra sangat berbahaya. Jika kamu berani, lebih baik membunuh ular ketimbang kamu akan dipatuk.

Sebenarnya, ada cara lain untuk menghadapi ular. Ketiga, memakai tongkat saat menghadapi ular. Gunakan sapu, alat pel, bambu, atau apa pun yang cukup panjang untuk menghalau atau membunuh ular.

Baca juga: Cara Melepaskan Gigitan Anjing dan Pertolongan Pertama Usai Digigit

Bagikan:
111267 kali