Foto: Rumah123/Getty
     

Kaktus di rumah selain bisa mendukung interior ruangan juga bisa jadi hobi baru yang menyenangkan di rumah. Mengapa kaktus? Ya karena menanamnya gampang, apalagi buat pemula. Kalau kamu pengen menanam dan mengembangbiakkan kaktus, pelajari langkah-langkahnya dengan benar. Coba simak tips berikut ini yang dikutip dari ilmutanah.com:

Ke-1. Pilih Bibit yang Bagus

Bibit yang berkualitas bagus bisa kamu dapatkan dari toko tanaman hias. Kalau kamu memulainya dengan bibit berkualitas, maka akan mempermudah penanaman dan pertumbuhannya.

Ke-2. Persiapkan Media Tanam

Untuk mempersiapkan media tanam, siapkan bahan-bahan di bawah ini:

Pot berdiameter kurang lebih 30 cm atau ukuran pot diesuaikan dengan selera.

Kaktus kecil dalam pot.

Sarung tangan untuk berkebun.

Batu kecil sebagai dasar media tanam.

Penjepit

Media tanam bisa berupa campuran pasir dan pupuk kompos.

Baca juga: 3 Tips Penting Menanam Kaktus dan Sukulen di Rumah

Membuat Media Tanam:

Masukkan kerikil 1/3 bagian pot, kemudian campurkan media tanam pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1, buat lubang sesuai dengan ukuran bibit.

Foto: Rumah123/Getty

Ke-3. Proses Menanam

Setelah media tanam sudah siap, masukan bibit, kemudian tutup dengan tanah bercampur pasir sambil dipadatkan menggunakan sendok.

Baca juga: Pelihara Kaktus dalam Ruangan Gampang Kok

Setelah penanaman selesai, lakukan semprotkan air ke tanah untuk menjaga kelembapan tanah. Pada bagian atas kamu bisa menambahkan hiasan tananam berupa batu warna atau hiasan lain untuk mempercantik tanaman.

Ke-4. Perawatan Tanaman

Supaya pertumbuhan kaktus tetap sehat dan subur, siramlah secukupnya setiap 1-2 minggu sekali. Kalau tanaman kaktus ternyata kurang subur, kamu bisa memberinya pupuk organik.

Bagikan: 980 kali