Perhatikan kondisi sumur dan kondisi air di rumah sebelum memilih pompa air - Rumah123.com Perhatikan kondisi sumur dan kondisi air di rumah sebelum memilih pompa air - Rumah123.com

Hampir setiap kegiatan kita di rumah pasti memerlukan air. Mulai dari mandi, makan, mencuci, mengepel, dan masih banyak lainnya. Air sudah menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan air, cara paling praktis adalah menggunakan pompa air. Dengan adanya alat ini, kamu tidak perlu repot-repot menimba dan mengambil air dari jarak sumur yang jauh. Cukup nyalakan pompa dengan menyambungkan ke energi listrik, maka air akan mengalir dengan cepat.

Nah, memilih pompa air gampang-gampang susah. Mengingat harganya yang cukup mahal, tentu saja kamu tak bisa sembarangan dalam memilih pompa terbaik. Kamu harus memerhatikan kondisi sumur dan kondisi air di rumah. Apa saja tipsnya? Simak artikel ini untuk mengetahui informasi selengkapnya!

Hitung kedalaman air di rumah

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menghitung kedalaman air di rumah. Berbeda kedalaman air sumurnya, berbeda juga kebutuhan mesin pompa airnya. Apabila kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, gunakan pompa air sumur dangkal. Untuk kedalaman 7-9 meter, gunakan semi jet pump.  Apabila lebih dalam lagi, misalnya 14 meter atau lebih, gunakan submersible pump. Sedangkan untuk kedalaman 20-30 meter, gunakan pompa jet pump.

Sesuaikan volt pompa air dengan daya listrik PLN di rumah

Kebutuhan air dari pompa tentu harus sejalan dengan kebutuhan listrik rumahmu. Jangan sampai karena volt pompa terlampau besar, daya listrik PLN di rumah kurang. Sehingga yang terjadi adalah mati listrik setiap kamu menyalakan pompa. Semakin tinggi voltase pompa, tentu semakin besar pula daya listrik yang diperlukan. Selain itu, voltase pompa juga berpengaruh pada debit air yang dihasilkan. 

Perhatikan spesifikasi pompa air

Walaupun jenisnya sama, tentu saja pompa dari masing-masing merek memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Spesifikasi ini biasanya dilihat dari daya sedot dan daya dorong air yang dimiliki setiap pompa air. Apabila kebutuhan air di rumah memang cukup tinggi, pilih pompa dengan daya hisap yang besar. Semakin besar daya hisap, debit air yang keluar otomatis juga besar sehingga kebutuhan akan air terpenuhi.

Merek pompa air yang awet

Pompa air harganya jutaan, tentu menjadi hal yang lumayan menguras kantong jika kamu salah-salah dalam membelinya. Maka dari itu, ketahui dari sekarang 5 rekomendasi pompa yang populer dan terkenal bagus!

Sanyo

Siapa sih yang gak tau Sanyo? Banyak masyarakat Indonesia yang menyebutkan pompa air sebagai “Sanyo”, saking melekatnya merek ini. Sebenarnya, Sanyo adalah merek dari Jepang, yang tak cuma membuat pompa air. Perusahaan ini juga memproduksi radio, mesin cuci dan alat elektronika lainnya. Sejak muncul di Indonesia pada tahun 1970, pompa Sanyo mulai banyak dipasang di rumah-rumah warga. Hingga kini, Sanyo masih banyak digunakan lantaran mesinnya yang awet hingga bertahun-tahun.

Shimizu

SHIMIZU mengawali bisnisnya pada tahun 1990 dengan pabrik di daerah Cikupa. Merek pompa asal Jepang ini hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. Pompa Shimizu dikenal akan semburannya yang kuat. Dari 20 model pompa yang diproduksi, salah satu produknya memiliki kemampuan kapasitas dorong maksimal hingga 237 meter. Kebutuhan air rumah tangga pun bisa tercukupi dengan baik. 

Bagikan: 1431 kali