Foto: Rumah123/Getty

 

 

Hari Anak Nasional, 23 Juli, baru aja berlalu. Hari tersebut mengingatkan kita agar selalu peduli pada hak anak. Salah satu hak anak adalah mendapatkan hunian yang layak, termasuk keamanan di kamar tidurnya. Selain membuat kamar tidur yang nyaman buat anak, jangan lupa juga soal keamanannya. Termasuk memperhatikan barang-barang apa aja yang sekiranya membahayakan buat mereka.

Berikut ini barang-barang yang harus kita hindari di kamar anak:

Tali

Jangan biarkan tali berada di kamar anak. Usahakan tali tirai pada jendela kamar anak dalam posisi tak mudah teraih oleh anak. Bermain dengan tali tanpa pengawasan orangtua merupakan hal yang berbahaya, karena kalau gak sengaja bisa bikin anak terlilit atau tercekik tali tersebut.

Baca juga: Kamar Anak Berdesain Minimalis? Boleh Aja Dicoba

Stopkontak

Pilihlah stopkontak yang dilengkapi penutup ataupun pelindung dan tempatkan di tempat tersembunyi, semisal di samping lemari atau furniture lain agar tidak menarik perhatian anak untuk memainkannya.

Alat elektronik

Sebaiknya alat elektronik tidak ada di kamar anak, semisal televisi ataupun laptop. Terlalu lama menonton televisi bukanlah hal yang baik untuk anak. Kamu harus tetap mengawasi tontonan anak kalaupun di kamarnya ada televisi. Meletakkan televisi atau laptop di kamar anak sebenarnya bisa membuat anak jadi terbiasa untuk menyendiri karena merasa kebutuhannya baik hiburan maupun informasi dapat dengan mudah dia dapat.

Baca juga: Mau Tahu Langkah Mudah Merancang Kamar Anak? Yuk, Disimak 

Lemari atau rak yang lebih tinggi dari anak

Jangan letakan lemari atau rak yang lebih tinggi dari badan anak. Hal ini akan memancing anak untuk memanjat atau meraih barang yang diletakkan di atasnya tanpa dia bisa melihat barang tersebut. Hal ini juga berbahaya jika ada benda berat atau benda tajam yang bisa menimpa anak karena tidak terlihat olehnya.

Barang pecah belah

Jangan tempatkan lampu atau hiasan di kamar anak berwujud kaca, semisal lampu hias atau lampu tidur bisa dilapisi dengan bahan yang aman untuk anak. Hiasan di kamar anak seperti figura foto ataupun pajangan sebaiknya tidak diletakkan pada tempat yang teraih, karena barang-barang yang terbuat dari kaca akan bisa melukai anak kalau jatuh, baik disengaja ataupun tidak.

*

Bagikan: 1225 kali