Tips Jual Rumah- Rumah123.com Saat Ingin Menjual Rumah, Pastikan Pilihan Warna Tidak Membuat Calon Pembeli Batal Membeli. Salah Satu Pilihan Warna yang Baik Adalah Biru (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat ingin menjual rumah, pastikan kalau pilihan warna rumah tidak membuat calon pembeli pergi dan tidak menjadi membeli rumah.

Tidak selamanya sebuah rumah menjadi hunian selamanya bagi kamu dan keluarga. Bisa jadi jumlah anggota keluarga bertambah, karier meningkat, bisnis berkembang, dan lainnya, sehingga kamu merasa hunian tidak lagi cukup.

Akhirnya kamu memutuskan untuk menjual rumah. Namun, sebelum menjual rumah, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan warna.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 4 Rahasia Jual Properti Lebih Mahal

Sebagai pemilik rumah, kamu bebas menentukan warna rumah sebagai identitas hunian. Sebagai pencinta warna pink, kamu mengaplikasikan warna ini pada sebagian besar interior rumah.

Namun, belum tentu calon pembeli menyukai warna pink. Jika tidak suka, mungkin dia enggan membeli karena harus mengeluarkan dana ekstra untuk mengecet ulang rumah.

Kalau pun dia membeli, dia tentu harus berhitung ulang berapa jumlah dana yang harus dikeluarkan. Jangan sampai, pembeli meminta pengurangan harga karena ada kekurangan dalam rumah.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Hal yang Ada di Kamar Mandi dan Bikin Takut Pembeli

Tidak heran, sejumlah tips menyarankan agar rumah memang dicat dengan warna netral seperti putih. Rumah dengan cat putih memang seperti kanvas kosong. Calon pembeli sudah bisa membayangkan kalau dia bisa merancang desain interior yang sesuai dengan keinginan.

Situs properti Realtor.com memberikan sejumlah tips bagi pemilik rumah yang ingin menjual rumah. Ada sejumlah tips yang dapat diaplikasikan.

Warna apa saja yang bisa diaplikasikan? Warna apa yang harus dihindari? Serta warna apa saja yang bisa dihadirkan di dinding dalam skala terbatas.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 11 Alasan Kenapa Rumah Susah Dijual

Tidak Usah Takut dengan Warna Oranye

Warna oranye, hitam, atau ungu bisa memberikan pengaruh yang kurang baik kepada calon pembeli. Tetapi, kamu tidak perlu menghilangkan warna ini jika sudah ada di rumah.

Satu bagian dinding berwarna oranye, hitam, atau ungu bisa hadir dalam hunian. Aplikasi warna berbeda bisa memberikan aksen.

Untuk warna hitam, sebenarnya banyak rumah yang mengaplikasikan warna hitam pada eksterior dan interior. Tetapi, aplikasi warna ini memang harus pas supaya hunian terlihat menarik.

Jangan Membuat Gradasi Warna

Sebaiknya menghindari untuk membuat gradasi warna terlalu banyak saat mengaplikasikan cat dalam interior rumah. Kalau masih mau melakukannya, sebaiknya melakukannya pada ruang tertentu saja.

Yang dimaksud dengan gradasi warna adalah kamu mengecat warna hijau muda, hijau, hingga hijau tua dalam sebuah hunian. Hasilnya mungkin bagus, apalagi kalau buat penyuka warna hijau. Namun, belum tentu calon pembeli menyukainya.

Kamu masih mengaplikasikan secara terbatas pada ruang duduk, dapur, atau kamar mandi. Tentunya aplikasi hanya pada satu bagian dinding saja.

Berani Mengecat Eksterior dengan Warna yang Berbeda

Sejumlah tips memang menyarankan mengecat rumah dengan warna netral seperti putih atau warna pastel. Tetapi, untuk bagian eksterior, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan cat yang berbeda.

Tidak ada salahnya untuk mengecat pintu rumah dengan warna terang seperti kuning. Aplikasi cat terang pada pintu bisa memberikan sentuhan yang berbeda.

Sebenarnya, banyak rumah yang mengaplikasikan cat warna hitam pada fasad atau eksterior. Rumah seperti ini terlihat berbeda dan lebih keren.

Mengecat Interior Rumah dengan Warna Biru

Bicara soal desain interior rumah, jangan lupakan warna biru. Warna ini bisa memberikan sensasi yang menenangkan bagi penghuni rumah.

Kamu bisa mengaplikasikan warna biru pada ruang duduk, kamar tidur, atau kamar mandi. Banyak gradasi warna biru yang dapat dipilih.

By the way, biru muda menjadi salah satu warna yang biasa digunakan dalam desain Skandinavia. Pilihan warna ini juga tergolong netral.

Bagikan: 1551 kali