tips jual rumah Ilustrasi Hunian, Saat Menjual Rumah, Pemilik Memiliki Pilihan Untuk Merenovasi Rumah Terlebih Dahulu Atau Menjual Rumah Apa Adanya. Setiap Pilihan Mempunyai Keunggulan dan Kekurangan (Foto: Rumah123/Getty Images/REA Adobe Experience Manager)

Kamu bisa merenovasi rumah untuk menaikkan harga jual rumah. Atau kamu bisa menjual rumah apa adanya namun bisa memberikan keunggulan fasilitas.

Saat kamu memutuskan untuk menjual rumah, kamu pastinya membayangkan akan mendapatkan keuntungan maksimal. Tentunya kamu ingin memperoleh harga jual rumah yang mahal.

Dalam sejumlah artikel mengenai tips menjual rumah, ada sejumlah cara untuk menaikkan nilai jual rumah. Salah satunya dengan melakukan merenovasi rumah.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Setiap Rumah Pasti Ada Pembelinya Termasuk di Lokasi Banjir Atau Dekat Kuburan

Namun, bagaimana kalau kamu tidak memiliki dana untuk melakukan renovasi, apakah kamu akan menjual rumah apa adanya. Mungkin kamu akan khawatir kalau harga rumah akan turun dratstis.

Situs properti Realtor.com memberikan ulasan mengenai hal ini. Ada keuntungan untuk merenovasi rumah dan juga menjual rumah apa adanya.

Merenovasi Rumah untuk Menaikkan Harga Jual

Saat kamu memilih merenovasi rumah sebelum menjual, tentunya kamu membayangkan calon pembeli langsung tertarik. Ada sejumlah pembeli yang ingin rumah dalam keadaan siap. Pembeli ingin langsung menempati setelah membeli.

Ada juga pembeli yang tidak mempermasalahkan untuk memperbaiki beberapa hal. Nah, tentunya kamu tidak bisa menerka pembeli mana yang datang terlebih dahulu.

Kalau pembeli ingin langsung menempati rumah, mereka biasanya melirik kamar mandi. Mereka akan mengecek apakah toilet baru atau tidak. Kamu bisa merogoh kocek untuk membeli toilet baru. Harganya juga tidak terlalu mahal karena banyak yang berharga di bawah Rp5 juta.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Cara Menjual Rumah yang Berlokasi di Daerah Rawan Banjir

Pastikan rumah kamu memiliki kitchen set. Fasilitas ini sepertinya sudah wajib ada di dalam rumah. Kalau bisa, desain dan warnanya tergolong netral.

Jangan lupa untuk membersihkan seluruh rumah hingga terlihat rapi. Cat ulang rumah supaya terlihat rumah baru. Langkah lainnya adalah merapikan taman, membersihkan jendela, membersihkan garasi, dan masih banyak lagi.

Kalau rumah dalam kondisi terbaik, maka calon pembeli tidak perlu ragu untuk membeli rumah secepatnya. Mereka juga tidak perlu merenovasi lagi.

Menjual Rumah Apa Adanya

Kalau kamu tidak memiliki dana untuk melakukan renovasi, kamu tidak perlu memaksa. Apalagi sampai harus meminjam ke bank.

Sebenarnya kamu bisa menjual apa adanya. Namun, pastikan rumah tetap dalam kondisi baik. Hal yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan rumah.

Jangan lupa untuk menyapu rumah, mengepel lantai, membersihkan jendela, merapikan taman, dan lainnya. Semua ini tidak membutukan biaya bukan?

Baca juga: Tips Jual Rumah: 4 Keuntungan Melakukan Pemeriksaan Kondisi Rumah

Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk melakukannya. Kamu bisa melibatkan anggota keluarga lainnya untuk membersihkan rumah.

Yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan rumah kamu adalah menonjolkan fasilitas yang ada di sekitarnya misalnya fasilitas yang ada di kompleks perumahan seperti kolam renang, gym atau pusat kebugaran, taman, jogging area, dan lainnya.

Jika rumah kamu tidak berada di kompleks perumahan, kamu bisa memaparkan fasilitas yang ada di dekat rumah. Biasanya orang mencari rumah dekat dengan sekolah anak, rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan, hingga akses jalan tol.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Cara Mengetahui Harga Pasar Sebuah Properti

Bagikan:
743 kali