Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Berapa sih harga jual rumah? Jika kamu menanyakan hal ini, tentunya hal ini tidak mudah untuk menemukan jawabannya. Harga rumah memang bisa berbeda, tergantung siapa yang menentukan.

Kok, bisa ya harga rumah bisa berbeda. Bagaimana sih mengetahui cara menentukan harga jual rumah yang tepat?

Hal ini tentunya bikin pusing bagi kamu yang ingin menjual rumah. Tentunya kamu ingin melepas rumah dengan harga yang bagus dan dalam waktu tidak terlalu lama.

Baca juga: Beli Separuh Harga, Jual Lebih Mahal, Yuk Jadi Flipper Properti

Situs properti asal Australia, Realestate.com.au memaparkan ada lima cara penentuan harga rumah. Semua memiliki cara sendiri.

Pertama, perbankan. Biasanya pihak lembaga keuangan seperti perbankan menetapkan harga jual yang tergolong konservatif. Realestate menyatakan kalau harga rumah dari bank biasanya 10% atau 20% lebih rendah dari harga pasaran.

Kedua, agen properti. Broker atau agen properti memiliki pengetahuan suatu daerah. Dia memiliki informasi mengenai harga rumah yang dijual di sebuah kawasan. Bahkan, dia bisa memberikan informasi terperinci mulai dari lokasi, fasilitas, jumlah kamar, dan lainnya.

Baca juga:  Kasihan Deh, Harga Jual Rumah Selebriti AS Selalu Turun Drastis

Ketiga, harga jual di pasaran. Harga jual properti memang tidak bisa ditentukan pasti. Kalau memang banyak permintaan, harga juga bisa naik.

Keempat, penilaian pemerintah. Kalau di Indonesia, sudah jelas tidak ada badan yang melakukan penentuan harga rumah. Namun, pemerintah daerah menetapkan NJOP (nilai jual obyek pajak) pada tanah.

Kelima, harga yang ditentukan oleh penjual. Hal lazim kalau penjual menentukan sendiri harga jual yang pastinya tinggi. Tentunya karena ingin mendapatkan keuntungan besar.

Nah, banyak juga kan cara menentukan harga jual. Jika kamu ingin menjual rumah, riset dulu harga pasaran di kawasan tempat tinggal.

Baca juga:  Rumah Dekat Sekolah Keren, Bikin Harga Jual Tinggi, Lho!

Bagikan: 1917 kali