tips jual rumah- rumah123.com Ada Sejumlah Keuntungan Saat Menjual Rumah Lengkap dengan Furnitur. Rumah Bisa Terjual Lebih Cepat dengan Harga Lebih Mahal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Penjual rumah pastinya ingin menjual propertinya lebih cepat dan juga dengan harga mahal. Kalau menjual rumah lengkap dengan furniturnya, hal ini bisa terwujud.

Salah satu hal yang tersulit saat menjual rumah terutama properti yang dihuni adalah memindahkan barang. Tetapi, bisa jadi pemilik rumah ingin memasarkan dan menjual rumah lengkap dengan furnitur.

Sebenarnya, menjual rumah lengkap dengan furnitur bisa menjadi buah simalakama. Hal ini bisa merugikan, namun juga dapat menguntungkan.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Salah Pilih Warna Bisa Membuat Pembeli Tidak Tertarik

Ketika menjual rumah, pemilik rumah bisa menjual rumah dalam keadaan kosong, semi furnished karena memiliki kitchen set dan island, atau lengkap dengan seluruh perabot.

Ada dua keuntungan saat menjual rumah lengkap seperti ini yaitu pembeli bisa melihat bahwa rumah layak huni dan harganya lebih mahal. Proses negosiasi antara penjual dan pembeli bisa berlangsung lebih cepat.

Situs properti Realtor.com mengulas keuntungan menjual properti yang punya perabot lengkap. Seperti apa keuntungannya?

Keuntungan Jual Rumah Fully Furnished

Pemilik rumah menjual properti lengkap dengan perabot memang belum lazim di Indonesia. Biasanya, rumah yang dijual adalah rumah mewah.

Tetapi, tidak ada salahnya mengetahui keuntungan menjual rumah lengkap dengan furnitur. Siapa tahu kamu akan melakukannya dalam waktu dekat.

Dalam banyak kasus, menjual rumah fully furnished memiliki banyak manfaat untuk penjual dan pembeli. Penjual akan merasakan manfaat berupa tidak perlu memindahkan barang. Penjual hanya perlu membeli perabot baru ketika pindah ke rumah baru.

Calon pembeli akan melihat dan membayangkan kalau rumah ini memang nyaman di huni. Hal berbeda ketika rumah masih kosong.

Keuntungan lainnya adalah jika pembeli adalah orang baru di kawasan atau kota tersebut, dia tidak perlu menghabiskan waktu untuk mendesain interior ruangan, berbelanja perabot baru, hingga mendekorasi rumah.

“Menjual rumah yang lengkap dengan furnitur kadang bisa memaksimalkan harga. Jika perabotan bagus, bisa menjadi cara mendesain interior hunian yang membantu rumah terjual lebih cepat,” ujar agen properti Elizabeth Kee seperti dilansir oleh Realtor.com.

Namun, mesti diingat juga kalau perabotan setidaknya berdesain netral seperti tradisional, gaya Skandinavia, dan lainnya. Jika furnitur terlalu antik, belum tentu calon pembeli rumah tertarik.

Furnitur yang Bagus Bisa Berdampak Kepada Harga Jual Rumah

Dalam situasi tertentu, perabot yang bagus bisa meningkatkan nilai jual rumah. Tetapi, ada hal yang mesti diingat yaitu membuat perhitungan secara terpisah antara fully furnished dan tidak.

“Lantaran tidak ada perbandingan nyata antara menjual rumah lengkap dengan perabot dan tidak, hal ini memang sulit dinegosiaskan,” ujar agen properti Johannes Steinbeck.

“Dalam menegosiasikan penjualan rumah lengkap dengan perabot, kami melakukan penawaran harga furnitur terpisah. Saat penjual dan pembeli menyepakati harga perabot, maka kami akan memasukkan tagihan pembelian furnitur dalam perjanjian kontrak jual beli rumah,” lanjutnya.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 11 Alasan Kenapa Rumah Susah Dijual

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Hal yang Ada di Kamar Mandi dan Bikin Takut Pembeli

Bagikan: 1126 kali