Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Bagaimana tahu kalau kamu telah menemukan sosok pembeli rumah kamu. Kalau ada pembeli datang dan ingin membayar secara tunai meskipun harga sedikit turun, kamu harus segera mengiyakan lho. Kenapa ya?

Proses menjual rumah sering kali tidak mudah. Cukup banyak rumah yang baru laku terjual setelah beberapa bulan dipasarkan, ada juga yang sampai dipasarkan hingga bertahun-tahun.

Situs properti Realtor memberikan tips bagaimana menjual rumah. Apa yang harus dilakukan oleh penjual ketika tawaran datang, apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Biasanya penjual akan memikirkan dan menimbang beberapa tawaran sebelum memutuskan untuk menentukan pembeli. Namun, ada dalam beberapa situasi, tawaran pertama harus langsung diterima.

Karena ini bisa jadi, satu-satunya tawaran yang masuk. Ada kemungkinan kamu harus menunggu waktu lebih lama lagi untuk kedatangan pembeli.

Realtor memberikan satu saran yaitu jika mendapatkan tawaran dari pembeli berupa uang tunai atau cash. Kamu harus segera mengiyakan.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Kalau Rumah Ada Genderuwo, Kamu Bakal Jujur Atau Ga

Pembeli yang membayar dengan uang tunai ini mungkin menawar properti dengan harga miring alias harganya di bawah permintaan. Jika harganya turun tidak terlalu banyak, kamu patut mempertimbangkannya.

“Pembeli dengan uang tunai adalah pilihan aman lantaran penjual tidak perlu menunggu waktu lama untuk proses kredit pemilikan rumah (KPR) disetujui,” ujar Nancy Wallace-Laabs dari agen properti KBN Homes di negara bagian Texas, Amerika Serikat.

Selain itu, pembeli dengan uang tunai biasanya tidak punya masalah seperti harus menjual aset terlebih dahulu sebelum membeli rumah. Kamu hanya perlu memastikan pembeli memang memiliki uang tunai.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Gagal Jual Rumah

Bagikan: 484 kali