Kalau Kamu Ingin Mengunakan Jasa Agen Properti, Cek Dulu Apakah Broker Adalah Anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat kamu ingin menjual properti, mungkin kamu terpikir untuk menggunakan jasa agen properti. Bagaimana sih caranya supaya mendapatkan agen properti yang benar. Ketua AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia), Lukas Bong punya jawabannya, dia harus anggota AREBI.

Banyak cara untuk memasarkan properti. Kamu bisa memanfaatkan jejaring pertemanan atau kekerabatan yang kamu miliki. Cara lainnya adalah memanfaatkan marketplace seperti Rumah123.com.

Namun, ada kalanya kamu tidak memiliki waktu untuk memasarkan dan penjual rumah, apartemen, ruko, tanah, atau lainnya yang kamu miliki. Mungkin kamu sibuk bekerja atau berwirausaha, atau mungkin lokasi properti yang cukup jauh.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Rumah Laku Lebih Cepat

Untuk itu, kamu membutuhkan jasa agen properti dalam memasarkannya. Broker bisa membantu semuanya mulai dari merancang pemasaran hingga menemui calon pembeli.

Hmm, tetapi bagaimana ya untuk mengetahui kalau agen properti yang kita cari memang profesional dan bisa dipercaya. Apakah dia harus agen properti dari kantor broker ternama atau cukup agen properti independen?

Ketua AREBI, Luka Bong memiliki jawaban sederhana mengenai permasalahan ini. “Simpel aja, tanya anggota AREBI nggak? Itu aja,” ujar Lukas kepada Rumah123.com.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Jangan Blak-blakan Alasan Kenapa Kamu Jual Rumah

Lukas memaparkan kalau anggota AREBI memang belum semuanya memiliki SIUP4 (Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan.

Namun, setiap anggota AREBI baik dari brand franchise alias kantor agen properti ternama dari luar negeri atau pun independen, dia mendapatkan pelatihan dari AREBI.

Agen properti dibekali beragam macam pelatihan dan pengetahuan mengenai pekerjaannya. Jadi broker tahu apa yang mesti dilakukan.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 4 Rahasia Jual Properti Lebih Mahal

Selain itu, agen properti akan memegang teguh etika profesi. Tidak sedikit cerita mengenai agen properti abal-abal yang melarikan uang konsumen dan melakukan kejahatan lainnya.

Lukas melanjutkan kalau agen properti tersebut merupakan anggota AREBI, maka jika terjadi sesuatu maka mudah untuk melacaknya. AREBI memiliki informasi mengenai direktur, komisaris, alamat kantor para anggotanya.

Berbeda halnya jika bukan anggota AREBI, tentunya sulit untuk mencari tahu agen yang bersangkutan. Seperti pesan Lukas Bong, gunakan saja jasa agen properti yang juga anggota AREBI. Gampang kan?

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Hal yang Ada di Kamar Mandi dan Bikin Takut Pembeli

Bagikan: 822 kali