tips jual rumah- rumah123.com Sebelum Menjual Rumah, Ada Sembilan Hal yang Bisa Dilakukan. Tentunya Kamu Ingin Rumah Terjual Lebih Cepat dan Laku Lebih Mahal (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sebelum memutuskan untuk menjual rumah, ada sembilan hal yang harus dilakukan. Sederetan hal ini bisa membantu rumah kamu bisa laku terjual.

Kamu berencana up grade properti, downsize properti, pindah kota, dan lainnya, kemudian berencana untuk menjual rumah? Hal biasa kalau kamu melakukan aktivitas jual beli rumah.

Namun, sebelum menjual rumah, ada sejumlah hal yang mesti dilakukan. Tentunya kamu ingin rumah laku terjual dengan cepat dan juga dengan harga mahal.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Keuntungan Jual Rumah Lengkap Dengan Furnitur

Situs properti Realestate.com.au memberikan sembilan hal yang harus dilakukan sebelum menjual rumah. Realestate.com.au merupakan situs properti milik REA Group Australia—induk perusahaan dari Rumah123.com.

1. Mencari Agen Atau Memasarkan di Marketplace

Kamu bisa memasarkan rumah sendiri, namun jika tidak ada waktu, kamu bisa meminta bantuan agen properti. Cara lainnya adalah memasarkannya via marketplace atau situs properti.

2. Merapikan Rumah

Jangan lupa untuk merapikan rumah. Pembeli akan terkesan jika melihat rumah yang terlihat rapi dan bersih. Pastikan rumah dalam keadaan baik.

3. Singkirkan Barang Pribadi

Jika ada sejumlah barang pribadi, segera singkirkan walaupun kamu ingin menjual rumah secara full furnished atau lengkap dengan perabotannya. Pembeli lebih suka membayangkan rumah sebagai hunian baru mereka, bukan rumah kamu lagi.

4. Melakukan Renovasi Kecil

Pembeli biasanya jeli. Mereka melihat kekurangan kecil seperti retakan di dinding, cat mengelupas, dan lainnya. Jangan ragu untuk melakukan renovasi kecil untuk merapikannya.

5. Mengaplikasikan Warna Netral

Mungkin kamu penggemar warna oranye, namun pembeli tidak suka. Pastikan kalau rumah memiliki warna cat netral seperti putih atau warna pastel. Pembeli bisa membayangkan rumah ini seperti apa jika warna rumah bercat netral.

6. Membersihkan Seluruh Rumah

Jangan lupa untuk membersihkan seluruh rumah. Pembeli akan melihat rumah secara keseluruhan. Mereka bisa melihat apakah rumah bersih atau tidak.

7. Memiliki Tempat Penyimpanan

Pastinya orang membutuhkan tempat penyimpanan barang. Kalau rumah tidak memiliki gudang, kamu bisa membuat tempat penyimpanan di garasi atau mungkin lemari penyimpanan.

8. Meminta Pendapat Agen Properti Atau Desainer Interior

Kalau kamu memutuskan menjual rumah beserta furnitur, coba untuk meminta pendapat agen properti atau desainer interior. Mereka bisa memberikan masukan mengenai hal yang disukai oleh calon pembeli.

9. Mempertimbangkan Desain Interior

Menjual rumah dengan perabotan memang belum lazim di Indonesia, namun lain halnya dengan apartemen. Banyak orang yang menjual apartemen secara full furnished. Coba kamu meminta bantuan desain interior untuk merancang ulang hunian kamu sebelum dijual.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 10 Fitur yang Bikin Kaum Milenial Tertarik Membeli

Bagikan: 1391 kali