Ilustrasi Renovasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kamu mau jual rumah dengan harga tinggi? Tentunya iya. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan lho.

Siapa sih yang tidak mau meraup keuntungan besar saat menjual rumah. Apalagi kalau kamu investor properti. Masa iya investor mau rugi?

Baca juga: Mempertahankan Keberadaan Pohon Saat Renovasi Rumah? Bisa Aja Kok!

Yang pasti kamu tidak bisa menjual rumah begitu saja, apa adanya. Harga rumah bisa jatuh karena pembeli pasti akan menawar rendah kalau melihat rumah yang tidak bagus.

Situs properti Realestate.com.au memberikan tips mengenai lima hal yang perlu diperbaiki sebelum memasarkan rumah. Apa saja sih?

Baca juga: Showroom dan Kantor Ini Direnovasi Jadi Lebih Berkelas, Keren Kan!

Pertama, memperbaiki pintu. Pintu menjadi wajah rumah kamu. Saat pembeli melihat rumah pertama kali, mereka melihat pintu kan?

Begitu juga saat pembeli masuk, mereka akan melalui pintu. Apa jadinya kalau pintunya dalam kondisi buruk. Kamu bisa mengganti pintu, mengecat ulang, atau lainnya.

Baca juga: Rumah Sewaan Barack Obama Direnovasi Gara-gara Secret Service?

Kedua, mengecat ulang dinding. Hal ini merupakan sesuatu yang mudah dan murah. Malah kamu bisa melakukannya sendiri kalau punya waktu luang.

Jika kamu mau mengecat ulang, pastikan kamu mengaplikaskan warna netral seperti putih, ivory, dan lainnya. Belum tentu orang suka dengan warna ngejreng seperti kuning. Banyak desain interior dan arsitek yang menyarankan warna netral.

Baca juga: Kabar Gembira Buat Fans Chelsea, Stadion Stamford Bridge Akan Direnovasi Total!

Ketiga, memperbaiki lantai. Saat pembeli memasuki rumah, mereka akan melihat sekeliling rumah. Lantai menjadi salah satu bagian yang diperhatikan.

Bayangkan kalau lantainya sudah kusam, rusak, atau kotor. Jika kotor, kamu harus segera membersihkan. Kalau rusak, coba perhitungkan berapa biaya memperbaiki lantai.

Baca juga: Beli, Renovasi, Jual Lebih Mahal? Mau Ikutan Jadi Flipper Ga?

Keempat, potensi bahaya. Coba perhatikan sekeliling rumah termasuk taman dan beranda, apakah ada potensi yang bisa membahayakan calon pembeli.

Jika pembeli merasa khawatir ada binatang melata, kabel listrik copot, saluran air mampet, dan lainnya, apakah kamu pikir mereka akan membelinya?

Baca juga: Renovasi yang Bikin Rumah Berlimpah Cahaya Matahari

Kelima, memperbaiki atap. Bagian ini memang memerlukan biaya besar untuk perbaikan, tetapi kalau kamu mau mendapatkan keuntungan besar, kenapa nggak mau untuk sedikit berinvestasi?

Kamu bisa memanggil tukang untuk mengecek apakah ada bagian yang rusak. Jika ada perbaiki, beri lapisan dengan cat anti air.

Bagikan: 874 kali