Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Saat ingin menjual rumah, jangan salah lho, bisa jadi kamu melakukan sesuatu yang malah bisa membuat kamu gagal melakukannya. Mau tahu kenapa?

Kamu ingin menjual hunian. Mungkin kamu ingin up grade properti atau memang berinvestasi properti dengan jual beli hunian.

Namun, keinginan kamu untuk menjual malah justru terganjal oleh masalah yang kamu lakukan atau kamu perbuat sendiri. Wah, kok bisa kayak gini?

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Keuntungan Memakai Agen Properti

Situs Realtor memaparkan sejumlah kesalahan yang membuat kamu gagal untuk memasarkan properti kamu. Ada lima hal yang perlu kamu ketahui dan kemudian bisa dihindari.

Pertama, pilihan warna yang salah. Kamu memilih warna hijau untuk dapur. Kamu berpikir hal ini bakal keren, tetapi tidak semua calon pembeli suka warna yang sama.

Pilihlah warna yang netral untuk hunian. Pilihan warna seperti putih, biru muda, atau abu-abu muda. Yang pasti warna yang tidak mencolok.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: 5 Perawatan yang Ga Boleh Dilupakan Sebelum Jual Rumah

Kedua, terlalu banyak benda dengan selera pribadi. Jika ingin menjual rumah, segera singkirkan segala hal berbau pribadi.

Mungkin kamu suka dengan patung dari Bali, namun calon pembeli bisa jadi nggak suka. Kamu suka wallpaper tematik, tetapi pembeli mungkin lebih menyukai dinding yang dicat.

Ketiga, bau tidak sedap. Buat kamu yang merupakan perokok atau memelihara hewan, kamu mesti mengetahui kalau bau rokok dan bau kotoran binatang ternyata susah hilang.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Untuk menghilangkannya, kamu tidak bisa sekedar menyemprotkan pewangi ruangan. Bau rokok  dan bau kotoran masih akan melekat. Solusinya kamu bisa mengecat ulang dinding hingga mencuci karpet dan tirai.

Keempat, tidak fleksibel saat pembeli ingin melihat rumah. Pembeli rumah pastinya ingin melihat kondisi rumah dan lingkungan sekitar.

Tetapi, kalau kamu kesulitan untuk meluangkan waktu, pembeli potensial bisa saja mengurungkan niat untuk membeli.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: Kalau Rumah Ada Genderuwo, Kamu Bakal Jujur Atau Ga

Kelima, area bermasalah yang disembunyikan. Jangan menyembunyikan masalah pondasi, dinding, atap dan lainnya.

Sebelum menjual, kamu harus memastikan semua bagian rumah dalam kondisi baik. Jangan sampai pembeli mengetahui kekurangan rumah dan kemudian meminta pengurangan harga.

Bagikan: 1032 kali