tips jual rumah- rumah123.com Ada Empat Keuntungan yang Didapatkan Penjual Rumah yang Melakukan Pemeriksaan Kondisi Rumah. Salah Satunya Adalah Menghindari Negosiasi Terlalu Lama dengan Calon Pembeli Mengenai Harga Jual Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sebelum menjual rumah, pastikan kamu melakukan pemeriksaan kondisi rumah. Ada empat keuntungan yang bisa didapatkan oleh penjual rumah.

Kamu ingin menjual rumah dan berharap keuntungan besar? Ada sejumlah hal yang harus dilakukan untuk memperoleh hal tersebut.

Pastinya kamu tidak bisa menjual rumah dengan kondisi apa adanya. Sebenarnya, bisa saja sih, tetapi jangan kaget kalau calon pembeli akan meminta pengurangan harga.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Cara Mengetahui Harga Pasar Sebuah Properti

Memang kamu siap jika calon pembeli meminta diskon harga dalam jumlah besar? Kamu berharap bisa menjual rumah seharga Rp1,5 miliar, namun pembeli meminta pengurangan harga hingga ratusan juta karena rumah dalam kondisi tidak sempurna.

Calon pembeli akan berpikir untuk melakukan sejumlah renovasi untuk mengembalikan rumah dalam kondisi terbaik. Pembeli tentu tidak mau rugi kan?

Jika kamu keukeuh untuk menjual rumah apa adanya dengan harga tinggi, kamu harus bersiap dengan hal lain. Rumah kamu akan terjual dengan waktu lama.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 9 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Rumah

Rumah terjual dengan harga tinggi lantaran banyak faktor. Salah satunya kondisi rumah. Bangunan akan mengalami penurunan nilai. Tanah yang justru mengalami kenaikan nilai.

Bagi kamu yang ingin memperoleh keuntungan besar saat menjual rumah, kamu harus melakukan pemeriksaan kondisi rumah. Ada empat keuntungan yang bisa didapatkan.

Situs properti Realtor.com memberikan tips ini. Realtor.com merupakan situs yang bernaung di bawah REA Group Australia, seperti halnya Rumah123.com.

1. Lebih Tahu Kondisi Rumah Dibandingkan Calon Pembeli

Saat kamu memeriksa kondisi rumah lebih dulu, kamu mengetahui kondisi rumah. Kamu mengetahui saluran air, instalasi listrik, pemasangan gas, dan lainnya.

Kalau calon pembeli ingin memeriksa, kamu bisa memberikan masukan. Atau kamu bisa meyakinkan calon pembeli mengenai rumah yang memiliki kondisi baik.

2. Bisa Memperoleh Hasil Penjualan Lebih Besar

Kamu bisa melakukan renovasi kecil ketika mengetahui ada kerusakan. Atau kamu bisa membuat rumah menjadi lebih baik lagi.

Rumah123.com pernah bertanya kepada beberapa penjual rumah mengenai renovasi kecil. Penjual hanya mengganti toilet dan memperbarui kamar mandi. Dia memang mengeluarkan beberapa puluh juta, namun dia berhasil memperoleh keuntungan ratusan juta rupiah.

3. Tidak Perlu Melakukan Renovasi Saat Berjumpa Calon Pembeli

Sebagai penjual, kamu wajib mengetahui kondisi rumah. Ketika pembeli berharap ada perbaikan mengenai kondisi rumah atau meminta pengurangan harga, kamu sudah memiliki persiapan.

Calon pembeli biasanya kritis. Dia akan memeriksa segala sudut rumah. Tidak jarang pembeli menemukan satu sudut rumah yang kotor atau memerlukan perbaikan.

4. Mengurangi Waktu Negosiasi dengan Calon Pembeli

Jika rumah dalam kondisi bagus, ya setidaknya 99 persen dalam kondisi baik, kamu tidak memerlukan waktu lama untuk negosiasi. Sebagai penjual, tentunya kamu akan malas untuk menghabiskan waktu untuk bernegosiasi soal harga.

Lain halnya, kalau pembeli masih berpikir soal lokasi rumah yang jauh dari sekolah anak atau tempat kerja. Bagi yang ingin menjual rumah, segera lakukan pemeriksaan kondisi rumah.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 10 Fitur yang Bikin Kaum Milenial Tertarik Membeli

Bagikan: 1057 kali