Foto: Rumah123/Getty
 

Punya rumah emang kudu niat banget. Pasalnya, harga rumah tuh gak murah. Kalau kamu belum punya rumah, berusaha dong untuk punya satu aja dulu! Kalau sudah punya satu, berusahalah  membeli yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Ini bukan karena serakah lho. Tapi, merintis jalan atau ikhtiar agar bisa jadi investor properti.

Kalau kamu berniat jadi investor properti, coba pahami tiga hal mendasar berikut ini:

Bank akan Bantu Hanya Kalau Kamu Punya Penghasilan

Bank memang menyediakan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk mendukung kamu membeli rumah atau jenis properti yang lain. Namun, bank hanya akan memberikannya jika kamu dinilai punya dana untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya. Pendek kata, kamu harus punya penghasilan.

Penghasilan kamu itu bisa berupa penghasilan tetap semisal kamu pegawai maupun bukan tetap semisal kamu freelancer (pekerja paruh waktu), usahawan atau wiraswastawan. Jadi, berpenghasilan adalah syarat pertama ketika kamu ingin membeli rumah dengan bantuan bank.

Baca juga: Investor Apartemen Mahasiswa Zaman Now Bisa Untung 8-15% per Tahun

Menabung atau Berinvestasi Selalu Berarti

Meskipun ini merupakan nasihat klasik, tapi menabung adalah cara mendasar yang akan membuat kamu punya sejumlah nominal uang untuk membeli properti. Lebih baik lagi kalau separuh merupakan tabungan, yang separuhnya lagi kamu investasikan semisal ke dalam reksadana pasar uang.

Jangan berpikir bahwa untuk berinvestasi semacam itu kamu butuh dana yang besar. Dana yang sedikit pun bisa diinvestasikan dalam instrumen investasi reksadana. Lama-lama berbilang tahun, investasi ini akan membesar juga total nominalnya.

Baca juga: Gak Cuma Hotman Paris yang Bisa Kaya Raya! Coba Aja Sendiri!

Punya Properti Lebih dari Satu  

Punya properti lebih dari satu, bisa kamu jadikan langkah awal menjadi investor properti. Pertimbangkan properti yang kedua, ketiga, atau keempat, dan seterusnya yang nantinya bisa kamu sewa atau kamu perjual-belikan.

Ingat, harga sewa dan harga jual properti meningkat dari tahun ke tahun, jadi kamu pun lama-lama bisa menjadi investor properti ideal dan andal.

Bagikan: 1515 kali