Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kamu ingin berinvestasi properti? Mau jual rumah? Pengen beli rumah? Ga ada salahnya untuk bertanya kepada orang mengenai harga rumah terutama kepada pemilik rumah.

Zaman dahulu kala, kalau kamu melontarkan pertanyaan berapa harga rumah itu berarti nggak sopan. Sama saja kalau kamu bertanya soal gaji dan jumlah rekening. Tetapi, kalau dua pertanyaan terakhir ini sih, pastinya masih nggak sopan sampai sekarang.

Jodi RR Smith yang merupakan penulis buku “The Etiquette Book: A Complete Guide to Modern Manners” menyatakan kalau rumah merupakan salah satu pembelian termahal bagi seseorang sepanjang hidupnya.

Baca juga: Tips Investasi: Ga Semua Utang Itu Jelek Kok, Mau Tau Kenapa

Smith melanjutkan jadi wajar kan kalau orang tidak nyaman untuk blak-blakan soal masalah ini. By the way, Smith juga presiden perusahaan konsultan Mannersmith Etiquette Consulting di Boston, Amerika Serikat.

Namun, zaman sudah berubah. Kalau kamu bertanya kepada seseorang mengenai harga rumah, hal ini sudah lazim.

Situs properti Realtor mengutip hasil riset yang dilakukan oleh Realtor dan Branded Research. Keduanya melakukan riset terhadap 500 pemilik rumah di Amerika Serikat.

Baca juga:  Tips Investasi: Mau Tahu Cara Hemat Cicilan Rumah Sampai 60%

Sebanyak 70 persen tidak mempermasalahkan kalau ada orang yang menanyakan harga beli rumah. Jadi kalau ada orang bertanya kepada pemilik, berapa harga rumah, maka pemilik tidak keberatan untuk menjawabnya.

Logikanya sederhana aja sih. Sekarang, orang sudah bisa mengetahui harga rumah secara online. Buka saja situs properti seperti Rumah123. Kamu akan menemukan harga rumah di berbagai daerah di Indonesia.

Kamu tahu berapa harga rumah di Bintaro, Depok, Tangerang, Bekasi, dan daerah lain. Ada banyak rumah yang dijual di kawasan yang sama. Jadi kenapa harus tertutup soal harga rumah, kan sudah bisa diketahui lewat internet?

Baca juga:  Tips Investasi: Cari Properti yang Menarik Perhatian Penyewa

Bagikan: 806 kali