Menyewakan Kamar di Rumah Memiliki Banyak Keuntungan. Salah Satunya Memperbanyak Teman (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Berinvestasi properti tidak hanya menyewakan apartemen, rumah, atau lainnya lho. Kamu bisa memulainya dari menyewakan salah satu kamar di rumah kamu. Ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Menyewakan kamar di rumah alias membuat rumah kos, ternyata bukan “hak milik” orang Indonesia. Di negara-negara Barat, hal ini sudah dikenal. Ya, hanya berbeda istilah saja pastinya.

Dulu, orang menyewakan kamar di rumahnya kalau anak-anak mulai beranjak dewasa. Ketimbang beberapa kamar kosong tidak berpenghuni, lebih baik dijadikan rumah kos saja.

Baca juga: Punya Investasi Properti Itu Artinya Kamu Merdeka Secara Finansial

Sekarang, memang masih seperti itu. Hanya saja kalau anak milenial yang memiliki kamar kosong, memilih untuk menjadikannya penginapan ala bed and breakfast.

Situs properti asal Australia, Realestate.com.au memaparkan sejumlah keuntungan kalau kamu menyewakan kamar di rumah kamu. Apa saja sih?

Pertama, keuntungan finansial. Nah, ini hal yang memang dicari kalau menyewakan kamar, entah sebagai kamar kos atau penginapan.

Baca juga:  Tips Investasi Properti: 4 Hal yang Harus Diketahui Investor Pemula

Kamu bisa memperoleh pemasukan tambahan dari sewa kamar. Kamu bisa menyewakan per bulan, per hari, per minggu, atau durasi yang kamu inginkan.

Kedua, berbagi tanggung jawab. Jika ada orang yang tinggal satu atap dengan kamu, maka bisa jadi ada keuntungannya. Mungkin dia bisa memperbaiki atap, kompor, atau lainnya. Atau mungkin si penyewa rajin bersih-bersih rumah?

Keuntungan lain, saat kamu ingin berlibur, kamu bisa menitipkan rumah kepada penyewa. Mungkin dia bisa merawat tanaman atau binatang peliharaan kamu.

Baca juga:  Tips Investasi: Harga Rumah Dekat Supermarket Naik 67% dalam 5 Tahun

Ketiga, lingkaran pertemanan yang baru. Penyewa bisa membawa kamu untuk masuk ke lingkaran pergaulan yang baru. Apalagi kalau dia suka bersosialisasi.

Banyak keuntungan untuk memperbanyak teman dan jejaring lho. Mungkin kamu bisa mendapatkan pekerjaan baru atau memulai bisnis baru.

Nah, kalau ada banyak keuntungan dari menyewakan kamar di rumah, kenapa kamu nggak memulainya dari sekarang? Yuk, mulai investasi properti kecil-kecilan.

Baca juga:  Tips Investasi Properti: Fasilitas Apa Sih yang Dongkrak Harga Rumah

Bagikan: 661 kali