Hunian yang Dekat dengan Supermarket Memiliki Potensi Kenaikan Harga Rata-rata Hingga Lebih dari 50% dalam Durasi 5 Tahun (Rumah123/The Burn)

Jika kamu berinvestasi properti, kamu akan menikmati kenaikan harga hunian (capital gain) dan uang sewa (rental yield). Apa saja sih faktor yang membuat harga hunian terus naik? Salah satunya adalah fasilitas.

Apa yang biasanya dicari orang ketika membeli rumah atau apartemen? Apa yang dibutuhkan oleh penyewa ketika mencari rumah atau apartemen sewaan?

Baca juga: Kalau Punya Gaji Rp2 Triliun Kayak Ronaldo, Kamu Mau Investasi Properti di Mana?

Tentunya kedekatan dengan fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, pasar, kantor, dan lainnya. Pasar, supermarket, hypermarket, atau mini market, apa pun itu penting banget kan?

Tiap bulan, tiap minggu, atau tiap hari, orang akan berbelanja kebutuhan sehari-hari kan? Kebiasaan berbelanja setiap orang pastinya berbeda, tapi mereka membutuhkan tempat berbelanja.

Baca juga: Harga Rumah Naik 1.150% dalam 20 Tahun? Nyesel Deh Kalo Ga Ikutan Investasi

Situs gaya hidup Moneyish melansir kalau pemilik rumah yang dekat dengan supermarket memiliki kenaikan harga hunian yang signifikan lho. Moneyish mengambil data dari perusahaan analisis properti ATTOM Data Solutions.

Korporasi ini melakukan penelitian terhadap 1.275 area yang memiliki setidaknya satu Whole Foods, Trader Joe’s, dan ALDI. Ketiganya merupakan jaringan supermarket besar di Amerika Serikat.

Baca juga: Tips Investasi Properti: Peluang dan Tantangannya

Trader Joe’s memiliki lebih dari 470 gerai di 43 negara bagian AS. Aldi mempunyai 1.600 gerai di AS. Trader Joe’s dan Aldi dimiliki oleh Theo Albrecht, konglomerat asal Jerman.

Sementara Whole Foods mempunyai jumlah gerai lebih dari 470. Pada 2017, Whole Foods melakukan merger dengan Amazon.

Baca juga: Punya Investasi Properti Itu Artinya Kamu Merdeka Secara Finansial

Pemilik rumah yang lokasinya dekat Trader Joe’s menikmati kenaikan tertinggi. Dalam 5 tahun, apresiasi kenaikan mencapai 67%.

Sementara pemilik hunian yang dekat dengan Whole Foods hanya bisa menikmati kenaikan 52%. Dan pemilik rumah dekat ALDI malah cuma dapat merasakan kenaikan 51%.

Baca juga: Tips Investasi Properti: 4 Hal yang Harus Diketahui Investor Pemula

ATTOM Data Solutions menyatakan kalau rata-rata kenaikan harga properti dekat ketiga supermarket ini secara nasional mencapai 54%. Kenaikan yang signifikan dalam 5 tahun ya. Ini belum menghitung kedekatan fasilitas lainnya.

Kalau di Indonesia bagaimana ya? Apakah rumah dekat Indomaret, Alfamart, Transmart, Giant, Superindo, atau jaringan supermarket, minimarket, dan hypermarket lainnya juga merasakan kenaikan harga lantaran kedekatan lokasi?

Bagikan: 1024 kali