Investasi Properti- Rumah123.com Lebih Dari 50,9 Responden yang Ingin Menyewa Properti Berharap Kalau Rumah Sewaan Dekat Dengan Supermarket. Para Responden Lainnya Berharap Properti Ini Dekat Dengan Taman dan Sarana Transportasi Publik (Foto: Rumah123/Getty Images)

Lebih dari 50 persen penyewa properti ingin agar rumah atau apartemen yang disewa dekat dengan supermarket. Ada sejumlah hal penting lainnya yang diinginkan oleh para penyewa. Apa saja ya?

Pemilik properti pastinya menginginkan rumah atau apartemen yang disewakan bisa memberikan capital gain (kenaikan harga properti) dan rental yield (pemasukan dari sewa properti).

Saat menyewakan rumah atau apartemen, pemilik ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Sementara penyewa pastinya ingin properti yang disewa memiliki fasilitas atau dekat dengan fasilitas.

Baca juga: Tips Investasi : Sopan Ga Sih Kalo Tanya Harga Rumah Orang

Situs properti asal Inggris, PropertyWire merilis hasil riset terbaru pada awal 2019. Riset ini dilakukan di Inggris Raya.

Hasilnya adalah para penyewa yang sedang mencari hunian sewa menganggap sejumlah hal penting yaitu dekat dengan supermarket, dekat dengan taman, dan juga dekat dengan sarana transportasi publik.

Sebanyak 50,9 persen responden menyatakan kalau dekat dengan supermarket adalah hal penting. Lantas ada 46,4 persen yang ingin dekat dengan taman atau ruang hijau.

Baca juga: Tips Investasi : Sebelum Beli Properti Sewaan, Cari Tahu Dulu Demand Generator

Kemudian ada 44 persen ingin dekat dengan jaringan transportasi massal. Terakhir, 29,3 persen ingin agar toko atau area komersial buka hingga larut malam.

“Riset kami menyatakan kalau supermarket, ruang publik hijau, dan sarana transportasi adalah hal yang paling diinginkan para penyewa,” ujar Group Data Manager HomeLet, Rob Wishart seperti dikutip oleh PropertyWire.

Bagi kamu yang ingin menyewakan rumah atau apartemen, hal ini seharusnya menjadi insight. Meskipun riset ini dilakukan di Inggris, biasanya hal serupa bisa terjadi.

Baca juga: Tips Investasi: 3 Lokasi Utama Kalau Mau Beli Properti Sewaan

Saat penyewa ingin mengontrak rumah atau apartemen, biasanya orang akan menanyakan sejumlah fasilitas umum dan sosial seperti supermarket, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, pasar, akses jalan, sarana transportasi publik, taman, cafe, restoran, dan masih banyak lagi.

Penyewa ingin supermarket dekat dengan hunian tentunya karena ingin praktis. Bayangkan kalau ingin membeli kebutuhan sehari-hari, penyewa tidak harus membutuhkan waktu dan jarak tempuh yang jauh.

Begitu juga dengan sarana transportasi publik. Para penyewa pastinya tidak ingin kalau harus merogoh dana tambahan kalau properti sewaan tidak memiliki akses transportasi massal.

Baca juga: Tips Investasi Properti: Pertumbuhan Sewa Properti Indonesia Bisa Capai 10 Persen

Jika kamu memiliki properti sewaan di Indonesia, coba saja cek apakah rumah sewa milik kamu dekat dengan Carrefour, TransMart, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Giant, dan sederetan minimarket atau hypermarket.

Cek juga apakah properti kamu dekat dengan kereta rel listrik commuter line, bus Transjakarta, rencana LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit). Saat penyewa datang, kamu bisa memaparkan keunggulan properti sewaan yang dekat dengan semua fasilitas umum.

Bagikan: 1367 kali